Kamis, 03 November 2016

TENTANG HARVEST MOON FRIEND OF MINERAL TOWN

Image result for harvest moon friends of mineral town characters

Harvest Moon: Friends of Mineral Town (牧場物語 ミネラルタウンのなかまたち Bokujō Monogatari: Mineral Town no Nakama Tachi?) adalah sebuah permainan video untuk Game Boy Advance yang dikembangkan oleh Marvelous Inteactive Inc.. Permainan ini pertama kali dirilis di Jepang pada 18 April 2003.[2] Game ini kemudian dirilis pada Konsol Virtual untuk Wii U pada 11 Juni 2005.
Pemain berperan sebagai petani yang memiliki tujuan untuk mendapat keuntungan dari kebun yang ia kelola dengan memproduksi tanaman dan mengurusi ternak. Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah permainan Game Boy Advance pertama dari seri Harvest Moon dan merupakan sebuah versi ulang dari Harvest Moon: Back to Nature.


Cerita awal  >>>> 
Saat Liburan Sekolah  Kamu(Pemain) Berlibur Bersama Ayah Dan Ibu Kamu Tapi Karena Ayah Kamu Terlalu Sibuk Kamu Akhirnya Merasa Bosan Dan Ketika Mau Pulang Kamu Tersesat Dan Sampailah Kamu Ke Sebuah Kebun Milik Seorang Kakek Kakek Akhirnya Dia Menelpon Ortu Kamu Dan Ortu Kamu Bilang Kalo Kamu Bisa Bermain Di Ladang Itu Kalau Di Izinkan Oleh Kakek Itu Sambil Menunggu Liburan Usai. Akhirnya Kamu Berlibur Di Ladang Itu
Kamu Bermain-main Dengan Riangnya Di Sana Seperti
  1. Menaiki Sapi
  2. Menaiki Kuda
  3. Menakuti Ayam
  4. Melempar Batu Di Sungai
  5. Bermain Bersama Anjing/Guguk/Dog/Puppy
  6. Tidur Tiduran Di Bukit Dan Akhirnya Bertemu Seorang Gadis Akhirnya Kamu Bermain Bersama Sama Dengan Dia Mulai Dari Bernyanyi,Menari,Dan Yang Lainnya Bersama(Akhirnya Kalian Saling Jatuh Cinta)
Saat Kamu Akan Pulang Ke Kota Kamu Berjanji Pada Gadis Itu Kamu Akan Kembali Untuk Menemuinya.


Cerita dan gameplay



Karakter utama dalam game ini tidak memiliki nama default. Pada sekuen pembukaan, pemain ditampilkan sebagai seorang anak kecil yang hidup di kota yang orang tuanya membawa dia untuk libur di pedesaan. Selama perjalanan mereka pemain tersesat dan kemudian menemukan kebun dari seorang kakek-kakek di Mineral Town. Kakek tersebut menolong pemain untuk mencari orang tuanya dan memberi tawaran pada dia dan keluarganya untuk tinggal selama beberapa hari karena dia tidak memiliki keluarga. Orang tua pemain pun setuju dan pemain tinggal di kebun untuk sementara. Di kebun, pemain bermain bersama seorang gadis yang kemudian menjadi temannya. Setelah pemain meninggalkan Mineral Town, dia terus menulis surat pada kakek tersebut. Suatu hari, saat dia sudah besar, surat-surat dari kakek tersebut tiba-tiba berhenti. Pemain pun pergi ke Mineral Town melihat bahwa kebunnya sudah tak terurus dan mendapati bahwa kakek tersebut telah meninggal setengah tahun yang lalu. Bupati (Mayor) Mineral Town memberi tahu pemain bahwa dalam wasiat si kakek dia mewariskan kebunnya untuk pemain. Pemain memutuskan untuk memulihkan lagi kebunnya dan permainan pun dimulai.

Pemain mulai dengan lima alat dan harus mendapat uang dengan membersihkan lapangan luas di kebun dan menanam tanaman, menambang ataupun mencari makan. Uang ini bisa digunakan untuk membeli barang lain seperti ternak dan untuk mengembangkan kebunnya.
Aspek sosial dari Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah bagian besar dari game ini. Ada banyak penduduk untuk diajak berteman dan enam gadis yang bisa dinikahi salah satunya. Berteman dengan penduduk membuat pemain bisa mempelajari resep dan sejarah desa dan menikah membuat pemain bisa memiliki anak.[3]
Game ini menawarkan konektivitas dengan permainan Nintendo GameCube yakni Harvest Moon: A Wonderful Life menggunakan kabel jaringan antara Game Boy Advance dan Nintendo GameCube.


1. Peta Desa


1 - Peak of Mother’s Hill
 Ini adalah puncak Mother’s Hill dimana kamu bisa melihat pemandangan indah disini. Kamu kadang akan menyaksikan matahari terbit atau tenggelam disini.

2 - Mother’s Hill
 Area ini meliputi puncak Mother’s Hill, Hot Springs, Tambang, Danau,dll. Harvest Goddess juga tinggal di Hot Spring di Mother's Hills.

3 - Lake Mine
 Tambang ini berada di tengan danau di pulau yang kecil. Tambang hanya dibuka saat musim dingin saat danau membeku.

4 - Spring Mine
 Tambang ini berada di Hot Spring dan dibuka sepanjang tahun. Ada banyak level untuk digali.

5 - Hot Springs
 Ini adalah tempat pemandian air panas berlokasi. Datang kesini untuk memulihkan kesehatanmu di pemandian ini, kunjungi Harvest Goddess, Memancing dan menambang di Spring Mine.

6 - Forest
 Ini adalah tempat Gotz tinggal. Dia tinggal di kabin kecil di Hutan. Datanglah kemari untuk perluasan dan upgrade.

7 - Farm
 Ini tempat kamu tinggal. Kamu akan menghabiskan banyak wakyu disini mengerjakan pekerjaan berternakmu.

8 - Blacksmith
 Ini adalah tempat Saibara tinggal. Datanglah kemari untuk membeli alat baru dan upgrade peralatan pertanianmu.

9 - Poultry Farm
Ini tempat kamu membeli dan menjual ayam. Popuri bekerja dan tinggal disini.

10 - Yodel Farm
 Ini tempat kamu bisa membeli dan menjual Sapi dan Domba. Kamu juga bisa mengambil kuda disini.

11 - Aja Winery
 Ini tempat dimana Duke dan istrinya menjual macam-macam jenis Wine.

12 - Doug’s Inn
 Ini adalah tempat dimana Doug menjual makanan selama siang dan minuman keras dimalam hari. Ann juga tinggal disini bersama ayahnya, Doug.

13 - Rose Square
 Ini tempat dimana banyak Event diselenggarakan sepanjang tahun.

14 - Mineral Beach
 Ini dimana Zack tinggal dan selama musim Panas Beach House dibuka. Datanglah kesini untuk memancing di dermaga atau bermain dengan ombak. Ada beberapa Event yang diselenggarakan disini setiap tahun.

15 - Zack’s House
 Zack dan Won tinggal disini sepanjang tahun.

16 - Basil’s House
 Ini adalah tempat Basil tinggal. Perpustakaan juga ada di sini dimana Mary sering menghabiskan waktunya disana.

17 - Ellen’s House
 Ini adalah tempat tinggal Ellen, Eli dan Stu.

18 - Mayor’s House
 Ini adalah tempat Walikota tinggal.

19 - Supermarket
 Ini dimana kamu bisa membeli banyak barang berbeda termasuk bibit dan tanaman. Karen tinggal disini bersama orangtuanya.

20 - Clinic
 Ini adalah tempat dimana Doctor tinggal dan bekerja. Elli juga bekerja disini. Kamu bisa kesininjika demam.

21 - Gereja
 Pernikahan, Upacara Pemakaman dan Pengakuan Dosa dilakukan disini. Kamu bisa pergi setiap hari disini untuk berbicara pada Pastur Carter.

22 - Harvest Sprites Home
 Ini adalah pondok para Kurcaci tersembunyi dibelakang Gereja. Pergilah kesini untuk merekrut para Kurcaci untuk bekerja di peternakanmu.


2. Peta Kebun

  1. Farm House
    Ini adalah tempat tinggalmu. Kamu dapat mengupgrade-nya.
  2. Rumah Anjing
    Ini tempat anjingmu tidur dan membuat tetap kering selama hari hujan.
  3. Fodder Silo
    Ini tempat Makanan Sapimu. kamu dapat membili makanannya atau menenumbuhkan makanan itu.
  4. Kandang Sapi dan Domba
    Ini tempat Sapi dan Dombamu. Kamu dapat meng-upgrade kandangmu nanti.
  5. Tempat Kayu
    Ini adalah tempat untuk menaruh kayu. Kumpulkan kayu untuk membangun perluasan. Kamu juga dapat menggunakan kayu untuk pagar disekitar peternakanmu, biasanya untuk ladang rumputmu.
  6. Kandang Kuda
    Ini tempat Kudamu. Kamu dapat memberinya makan, bicara padanya, dan menyikatnya disini. Pastikan membawa Kuda keluar saat cerah dan kendarainya.
  7. Shipping Bin
    Ini adalah tempat untuk menjual barangmu. Ada Shipping Bin di Kandang Sapi, Kuda dan Ayam.
  8. Pohon Apel
    Ini dimana kamu mendapatkan madu setiap hari yang mana bisa dijual seharga 150G. Pada musim Gugur kamu akan mendapatkan Apel.
  9. Kolam Ikan
    Ini dimana kamu mengisi tempat air ketika air didalamnya habis. Ini akan habis ketika kamu menyirami tanamanmu. Kamu bisa memelihara ikan disini.
  10. Kandang Ayam
    Ini dimana ayammu tinggal. Pastikan memberi makan dan kumpulkan telur mereka setiap hari. Kamu juga dapat menggunakan Inkubator utnuk menetaskan telur ayam. Nantinya kamu bisa memperluas kandang ayam.
  11. Ladang
    Ini dimana kamu menanam bibit tanamanmu/rumput agar tumbuh menjadi tanaman yang indah.
3. Perluasan

  • Kamu bisa memperluas peternakanmu di toko Gotz di gunung. Tokonya buka jam 11:00AM sampai jam 4:00PM dan tutup hari Sabtu.
  • Jika kamu bicara pada Gotz dia akan menanyakan perluasan apa yang kamu butuhkan. Jika kamu butuh kayu, ambil kapakmu dan tebang pohon di gunung, kayu akan secera otomatis berada di perlengkapanmu.
  • Setiap kayu dijual seharga 50G. Kayu emas dijual seharga 100,000G/pcs, kamu akan mendapatkannya setelah mendapatkan 999 buah kayu.
Catatan: Semua pilihan Desain Ulang muncul ketika kamu sudah melakukan perluasan rumah kedua. Untuk rumah anjing dan kotak surat, ada 3 pilihan warna : merah (default), biru dan desain yang aneh. Untuk jendela, kamu bisa memilih antara jendela dengan penutup (default), tanpa penutup dan jendela yang bulat.

4. Karakter

  • Anna
    Ulang Tahun : Fall 23
    Kesukaan : Honey, Apples, Strawberry, Sweet Potatoes, Telur
    Lokasi :
     Rumahnya disebelah perpustakaan
    Anna adalah ibu Mary dan istri Basil. Dia menghabiskan beberapa jam waktunya di Square berbincang dengan wanita lain di desa. 
  • Barley
    Ulang Tahun:
     Spring 17
    Kesukaan:
     Rice, Scrambled Eggs, Miso Soup
    Lokasi:
     Ranch
    Barley tinggal diYodel Ranch disebelah Poultry Farm. Dia menjual sapi, domba dan asesoris hewan, seperti Bell. dia adalah kakek May.
 
  • Basil
    Ulang Tahun:
     Summer 11
    Kesukaan:
     Anggur, Jamur, Rumput
    Lokasi:
     Rumahnya berada disebelah perpustakaan
    Basil adalah orang yang menulis beberapa buku tentang tanaman dan Mineral Town. Dia menghabiskan waktunya di Mother's Hill. Dia adalah ayah Mary dan suami dari Anna.
 
  • Carter
    Ulang Tahun:
     Fall 20
    Kesukaan:
     Telur, Ikan, Lobak, Curry
    Lokasi:
     Gereja
    Carter adalah Pastur di desa dan tinggal di gereja.
 
  • Doug
    Ulang Tahun:
     Winter 11
    Kesukaan:
     Madu, Apel, Ikan S
    Lokasi:
     Inn
    Doug adalah pemilik Iin dan dia sangat berbakat dalam memasak. Dia adalah ayah Ann.
 
  • Duke
    Ulang Tahun:
     Winter 15
    Kesukaan:
     Wine, Terung
    Lokasi:
     Winery
    Duke adalah pemilik Aja Winery dan dia suka sekali mabuk. Dia adalah suami Manna.
 
  • Ellen
    Ulang Tahun:
     Summer 11
    Kesukaan:
     Spa-Boiled Eggs, Susu, Wortel, Rice Cakes
    Lokasi:
     Rumah Elli
    Ellen adalah nenek dari Elli dan Stu. Dia menghabiskan seluruh waktunya di rumah.
 
  • Gotz
    Ulang Tahun:
     Fall 2
    Kesukaan:
     Madu, Apel, Telur
    Lokasi:
     Rumah Tukang Kayu
    Gotz tinggal di gunung dan akan membangun perluasan untukmu saat kamu sudah mengumulkan uang dan kayu yang cukup. .
 
  • Harris
    Ulang Tahun:
     Summer 4
    Kesukaan:
     Spa-boiled eggs, Ikan S, Energy Drinks
    Lokasi:
     Rumah Walikota
    Harris adalah polisi di desa. Dia tidak bisa melakukan apapun karena hampir tidak ada kejahatan di desa.
 
  • Jeff
    Ulang Tahun:
     Winter 29
    Kesukaan:
     Madu, Jus Buah
    Lokasi:
     Supermarket
    Jeff adalah suami dari Sasha dan ayah Karen. Dia menjalankan bisnis Supermarket dimana kamu bisa membeli bibit dan beraneka barang lainnya.
 
  • Lillia
    Ulang Tahun:
     Spring 19
    Kesukaan:
     Susu, Tomat
    Lokasi:
     Poultry Farm
    Lillia adalah pemilik Poultry Farm, jadi kamu bisa membeli ayam betina dan makanan ayam darinya. Dia menderita penyakit, dan suaminya mencari obat untuknya. Dia adalah ibu Rick dan Popuri.
 
  • Manna
    Ulang Tahun:
     Fall 11
    Kesukaan:
     Madu, Susu, Jamur
    Lokasi:
     Winery
    Manna tinggal di Aja Winery dengan suaminya, Duke. Dan menjual Wine di sana. Dia memiliki kebiasaan banyak omong!
 
  • May
    Ulang Tahun:
     Winter 26
    Kesukaan:
     Apel, Madu, Jus Buah
    Lokasi:
     Ranch
    May tinggal di Yodel Ranch bersama kakeknya, Barley.
 
  • Saibara
    Ulang Tahun:
     Spring 11
    Kesukaan:
     Adamantite, Lobak, Miso Soup
    Lokasi:
     Blacksmith Shop
    Saibara adalah pemilik Toko Blacksmith dan akan menjual dan meningkatkan peralatan. Dia adalah ayah Gray dan sangat keras pada Gray.
 
  • Sasha
    Ulang Tahun:
     Summer 30
    Kesukaan:
     Coklat, Bunga
    Lokasi:
     Supermarket
    Sasha adalah ibu Karen dan istri Jeff. Dia membantu Jeff mengelola Supermarket. Dia sangat baik, dia sering mengunjungi penduduk desa yang lain.
  
  • Stu
    Ulang Tahun:
     Fall 5
    Kesukaan:
     Madu, Coklat,Yarn, Serangga
    Lokasi:
     Rumah Elli
    Stu adalah adik Elli dan Cucu Ellen dan dia menjadi kesal saat Elli tidak di rumah. Dia tertarik pada serangga.
 
  • Thomas
    Ulang Tahun:
     Summer 25
    Kesukaan:
     Wine, Rice Cakes, Noodles
    Lokasi:
     Rumah Walikota
    Thomas adalah walikota di desa. Dia biasanya datang untuk memberitahu event tertentu.
 
  • Won
    Ulang Tahun:
     Winter 19
    Kesukaan:
     Apel, telur Emas, Orihalcon
    Lokasi:
     Rumah Zack
    Won adalah pedagang keliling. Barangnya tidak akan ditemukan di Supermarket.
 
  • Zack
    Ulang Tahun:
     Summer 29
    Kesukaan:
     Tomat, Timun, Keju
    Lokasi:
     Rumah Zack (pantai)
    Zack adalah satu-satunya orang yang membeli produkmu dan mengantarkannya. Dia datang setiap hari jam 5:00 PM untuk melakukannya. Jika kamu memasukkan produk ke Bin setelah jam 5, dia akan membeli produk itu, esok harinya.

Boys Of the City
1. Cliff :
Cliff BTN
b’day : summer 6th
tempat tinggal : Inn lantai 2.
tempat bisa ketemu : gereja(sebelum dapet kerja), gudang anggur(setelah dapet kerja)
rival : Ann
Kesukaan Favorit : curry rice, sandwich
alternatif : stew, miso soup

2. Gray
Gray BTN
b’day : winter 6th
tempat tinggal : Inn lantai 2.
tempat bisa ketemu : Blacksmith shop, mary library
rival : Mary
Kesukaan Favorit : Semua hasil tambang kecuali junk ore
alternatif : baked corn, potato, bodigizer,turbojolt. branches

3. Doctor
DoctorBTN
b’day : Fall 19th
tempat tinggal : Hospital(clinic)
tempat bisa ketemu : hospital(clinic)
rival : Elli
Kesukaan Favorit : relaxation tea, milk, hot milk
alternatif : semua herbal
extra point : general check up( minta di examined)

4. Kai
KaiBTN
b’day : summer 22th
tempat tinggal : di mineral town.
tempat bisa ketemu : setiap Summer di Kai Lodge(jam 12 siang sampe 7 sore) atau di Bar lantai 2(setelah jam 7 sore)
rival : Popuri
Kesukaan Favorit : Pineapple, Fish(L)
alternatif : Flour, oil

5. Rick
Rikku
b’day : Fall 27th
tempat tinggal : Poultry Farm
tempat bisa ketemu : Peternakan ayam, tempat duduk di sebelah supermarket(pagi-pagi sebelum jam 11)
rival : Karen
Kesukaan Favorit : Spa-boiled egg, semua masakan telur
alternatif : pudding, chicken feed, corn
Extra point: punya 8 ayam.

pasangan rahasia(girls version)

6. Mr. Gourmet (juri kontes masak)

Image result for kappa harvest moon
b’day : summer 21th
tempat tinggal : Kota Mineral
tempat bisa ketemu : Cooking Fest, dan setelah cooking fest di rose square(sebelum jam 8 malam)
Kesukaan Favorit : semua makanan yang tidak failure
Syarat pernikahan : menang di semua kontes masak, dan buku resep yang completed.

7. Won
Image result for kappa harvest moon
b’day : winter 19th
tempat tinggal : Zack lodge
tempat bisa ketemu : Rumah Zack (jam 11am sampai 5pm)
Kesukaan Favorit : Gold ore, Golden lumber.
alternatif : semua yang ada gold nya.
Syarat pernikahan : telah meng-unlock won selling feature/bisa jual barang ke won.

8. Kappa
Image result for kappa harvest moon
b’day : ???
tempat tinggal : Danau di mothers hills
tempat bisa ketemu : ke danau lempar cucumber
Kesukaan Favorit : cucumber maybe??
Syarat pernikahan : punya Kappa Gemstone, telah nangkep semua legendary fish

5. Gadis dan Pernikahan

Meskipun tidak ada persyaratan khusus, pernikahan adalah hal penting di game ini. Ada 6 gadis yang bisa kamu nikahi : Ann, Elli, Karen, Mary, Popuri dan Goddess. Kecuali Goddess, gadis manapun yang tidak kamu nikahi akan menikah dengan pria lain. Bagaimanapun, ada hal yang harus kamu tahu.

  • Level Hati
    Sebelum menikah, seorang gadis marus mencapai hati berwarna merah. Gambar dan warna hati aka nada saat kamu bicara dengannya, ketika pertama bertemu hatinya berwarna hitam, ini berarti minimum level hati. Bagaimanapun, dengan berbicara dan memberikannya hadiah, kasih sayangnya lama kelamaan akan bertambah.
    Urutan warna hatinya (dari rendah ke tinggi) : hitam, ungu, biru, hijau, kuning, orange dan akhirnya merah.
  • Perluasan
    Sebelum kamu melamar seorang gadis, kamu harus memperluas rumahmu 2x.. setelah itu, kamu harus membeli Big Bed untuk rumahmu, dapat diperoleh lewat chanel TV shopping, yang mana ditayangkan hari Sabtu.
  • Event Hati
    Kamu pasti akan melihat event hati sebelum dia menerima lamaranmu. Event hati aka nada saat seorang gadis mencapai level hati berwarna hitam, ungum biri dan kuning. (karena hitam adalah warna awal kamu tidak dapat merayu gadis itu).
  • Melamar
    Setelah kamu sudah memenuhi syarat diatas, kemudian belilah Blue Feather dari Supermarket. Bawa Blue Feather dan keluarkan saat kamu melamar gadis itu. Jika dia menerima, kamu berdua akan menikah seminggu kemudian (jika tidak ada festival). Jika dia tidak menerima tapi kamu sudah memenuhi semua syarat, kemudian lanjukan saja untuk memberikan hadiah kepadanya sampai dia mau (maksa. . . hehehehehe).

==Ann==
Image result for ANN harvest moon back to nature
Ann adalah gadis yang tinggal dan membantu di Inn bersama ayahnya, Doug. Ibu Ann meninggal ketika dia sangat kecil, dank arena dia tumbuh tanpa ada perempuan lain disampingnya, dia menjadi sedikit tomboy. Masakannya sangat enak (seperti ayahnya) dan sering memenangkan Festival masak.
Musuhmu adalah Cliff, seorang pengembara yang datang dan tinggal di Inn. Cara mudah menjauhkan Cliff darinya adalah tidak meninta Cliff untuk membantu Duke dan Mana saat panen Anggur, dengan cara ini dia akan pergi dari desa. Atau dia akan tinggal di desa secara permanen.
  • Ulang Tahun: Summer 17 (Jika kamu pilih 17 Musim Panas sebagai ulang tahunmu, Ulang Tahun Ann akan menjadi 22 musim panas)
  • Heart Point: Buy food from the Inn.
  • Kesukaan: Telur, TelurSpa-boiled, Susu Strawberry, Curry Rice, Rice Cakes, Pancakes and Cheese Fondue.
==Elli==
Image result for elli harvest moon back to nature
Elli adalah seorang suster yang bekerja di klinik degan Doctor. Kamu dapat menemukannya dibelakang meja tempat penjualan obat. Dia tinggal dengan adiknya, Stu dan neneknya, Ellen. Dia sangat peduli dan sayang pada mereka, dia sangat manis, dia bisa jadi ibu yang baik.
Siapa musuhmu jika ingin mendapatkan Elli? Doctor lah. . . Doctor sangat lembut pada Elli dan sangat dewasa.
  • Ulang Tahun: Spring 16 Jika kamu pilih 16 Musim Semi sebagai ulang tahunmu, Ulang Tahun Ann akan menjadi 20musim Semi)
  • Heart Point: Get an examination from the Doctor.
  • Likes: Milk, Pink Cat Flowers, Toy Flowers, Blue Grass, Strawberries, Strawberry Milk and Red Magic Grass.
==Goddess==
Image result for goddess harvest moon back to nature
Dia adalah dewi. meteran hatinya tidak terlihat, jadi kamu tidak dapat tau seberapa besar sukanya padamu. Ada beberapa hal yang harus kamu capai sebelum dia mau menikah denganmu. Ketika kamu membuatnya bahagia, dia akan mengucapkan selamat untukmu,da n menghilang ke danaunya.
Untungnya, kamu tidak mempunyai musuh untuk mendapatkan Goddess, jadi kamu tidak perlu khawatir tentangnya.
Kasih sayangnya padamu akan tumbuh saat kamu menyelesaikan tugas beratuntuk pertama kalinya, menjual 10,000 sweet potatoes, menangkap 10,000 ikan dan mencapai 100,000 langkah di pedometermu, mencapai lantai tertentu di tambang, dan lain-lain. Luckily, completing the requirements for marrying her also raises her affection for you quite a bit.
  • Kesukaan: Tanaman, Bunga, Telur, Susu, Nanas.
  • Ulang Tahun: Spring 8 (Jika kamu memilihtanggal 8 musim Semi sebagai ulang tahunmu, ulang tahunnya berubah menjadi tanggal 9 musim semi).
Syarat untuk menikahi Goddess:
• Mengantarkan min. 1 buah dari setiap barang.
• Menangkap semua macam ikan, termasuk Kings.
• Menggali setiap jenis permata dari masing-masing tambang.
• Mempunyai big bed
• Tanya pada Carter untuk meminta izin menikahi Goddess saat pengakuan dosa.
• Paling tidak 5 tahun tinggal didesa
• Kumpulkan 9 permata dari The Goddess Jewel untuk menerima The Gem of the Goddess.

==Karen==
Image result for karen harvest moon back to nature
Karen tinggal dan bekerja di Supermarket dengan ibunya, Sasha dan ayahnya, Jeff. Dia membantu mereka saat ada waktu senggang, dia lebih suka mengelilingi desa sendiri. Karen adalah gadis paling dewasa diatara gadis lainnya dan dapat bersikap conceited at times, tapi dia gadis yang romantis.
Rick, adalah pria yang tinggal di Poultry Farm dan merupakan teman kecil Karen yang akan menikahi Karen jika kamu tidak menikahinya, Mereka tidak sedekat saat mereka kecil, tapi mereka masih sering bertemu dan berbincang hampir setiap hari. Mereka sering bertengkar, tapi akan menyelesaikan perbedaan mereka jika kamu tidak memilih Karen sebagai pengantinmu.
  • Ulang Tahun: 15 musim gugur (Jika kamu memilih tanggal 15 musim gugur sebagai ulang tahunmu, ulang tahunnya berubah menjadi tanggal 23 musim gugur)
  • Heart Point: Beli sesuatu dari Supermarket
  • Likes: Bamboo Shoots, Wine, Truffles, Keju, Tempura, Popcorn, Pizza and French Fries.
==Mary==
Image result for MARY harvest moon back to nature
Mary seorang gadis yang sopan, gadis pemalu yang bekerja di perpustakaan. Dia tinggal dengan ayahnya, Basil dan Ibunya, Anna di rumahnya disebelah perpustakaan. Basil menulis beberapa buku tentang tanaman dan aktivitas di Mineral Town. dan Mary bangga pada ayahnya akan hal itu. Mary suka menulis cerita.
Musuhmu untuk mendapatkan Mary adalah Gray, the despondent new boy in the village yang bekerja di desa pada Saibara, kakeknya. Dia mengunjungi perpustakaan sangat sering untuk membaca beberapa buku, meskipun bukan hanya itu alasannya. . . .
  • Ulang Tahun: Winter 20 (Jika kamu memilihtanggal 20 musim dingin sebagai ulang tahunmu, ulang tahunnya berubah menjadi tanggal 25 musim dingin)
  • Heart Point: Pergi ke lantai keuda perpustakaan
  • Likes: Jamur, Chocolate, White Grass, Black Grass, Blue Grass, Red Grass, Wild Grapes, Bodigizer, Veggie Juice and Veggie Latte.
==Popuri==
Image result for popuri harvest moon back to nature

Popuri tinggal di Poultry Farm bersama ibunya, Lilia dan kakaknya, Rick. Spirited, bouncy, and slightly ill-tempered, Popuri’s the baby of her family. Ayahnya pergi untuk mencari obat untuk penyakit ibunya, jadi dia, ibunya dan kakaknyaharus menjalankan Poultry Farm (walaupun Popuri tidak banyak membantu). Dia sering sekali bertengkar dengan kakaknya, terutama karena Kai, musuhmu untuk mendapatkan Popuri. Popuri menghabiskan banyak waktunya di pantai selama musim Panas. Dia juga sangat menyukai ayam.
Musuhmu untuk mendapatkannya adalah Kai, pria yang datang ke Mineral Town untuk membuka tokonya saat musim panas. Walaupun dia dibenci banyak pria, dia disukai gadis-gadis dan Popuri adalah gadis malang yang jatuh pada rayuan Kai. Selama musim Panas, dia mengunjungi pantai dan menghabiskan waktu bersama Kai disana.
  • Ulang Tahun: Summer 3 (Jika kamu memilih tanggal 3 musim panas sebagai ulang tahunmu, ulang tahunnya berubah menjadi tanggal 10 musim panas)
  • Heart Point: Miliki 8 ayam
  • Likes: Semua jenis telur, Strawberry, Chocolate, Ice Cream, Cake, Omelete dan Scrambled Eggs.
Setelah Menikah
Setelah semua selesai dan kamu telah menikah. masih ada beberapa hal lagi yang harus kamu perhatikan setelah menikah.
Setelah kamu dan pengantimu datang kerumah setelah menikah, dia akan berkata betapa sennagnya dia dan kemudian dia bertanya padamu tentang nama panggilan untukmu. Ada beberapa pilihan yang dapat kamu pilih, or you can go ahead and make up your own. Bersenang-senanglah dengan pilihan itu, coba bayangkanlah dia akan memanggilmu dengan nama pilihanmu sepanjang game ini. Kamu kemudian ditanya olehnya apakah kamu ingin dia untuk tinggal dirumah atau bekerja. Jika tinggal dirumah, kemudian dia hanya akan tinggal dirumah dan suka berjalan-jalan disekitar meja setiap hari. Jika kamu menikahi Elli atau Mary, mereka akan bekerja apapun yang terjadi.
Istrimu akan memasakkan makanan pada acara spesial, seperti ulangtahunmu, Starry Night, dan ulang tahun pernikahan, jadi pastikan ingat kapan kamu menikah!!



6. Heart Scene

  • Ann
    Heart Event 1
    Syarat:
     Hati berwarna Hitam, 11:00 AM - 1 PM di Inn.
    Ketika kamu memasuki Inn, Ann akan menyambutmu dan menayakan apakah kamu lapar. Kamu akan secara otomatis menjawab ya dan dia akan mengatakan ini gratis karena kamu adalah warga baru di desa. Terima tawarannya dan kamu akan menemukan dirimu makan bersama Doug dan Ann dimeja. Kamu menemukan makanan yang lezat (Kamu akan berkata "G-o-o-d". . . Heh) dan Doug memberikan lebih. Setelah melihat cara makanmu yang lahap menyantap makanannya, Doug menyukaimu, Doug kemudian berkata Ann pasti senang jika kamu mampir dan Ann menjadi malu.

    Heart Event 2

    Syarat:
     Hati berwarna Ungu, Rabu sampai Sabtu jam 10AM - 1PM di Inn.
    Event ini mengambil tempat di lantai kedua Inn, jadi pergilah kesana. Kamu akan melihat Ann latihan bernyanyi dan ketika kamu masuk keruangan, dia akan terkejut Dia memberitahukanmu tidak apa-apa dan dia tidak marah. Dia menjelaskan padamu bahwa dia sedang bersih-bersih dan memberitahumu seberapa senang dia mengerjakan hal itu. Dia akan menanyakanmu apakah kamu senang bersih-bersih juga atau tidak. Jika kamu menjawab ya, dia akan senang denganmu dan menjelaskan bahwa yang harus membersihkan Inn adalah dia karena ayahnya benci bersih-bersih.

    Heart Event 3

    Syarat:
     Hati berwarna biru, Senin atau Jumat, 12:00PM - 7:00PM di Inn.
    ketika kamu masuk ke Iin, Ann dan Doug sedang bicara. Doug bilang ada sesuatu yang aneh pada Ann, dia berkata Ann berkeringat dan tidak terlihat sehat. Ann akan menyangkal pada awalnya, tapi kemudian Doug bertanya kenapa wajahnya pucat, Ann mulai berkeluh bahwa perutnya sakit, dan lalu kamu datang. Doug bertanya padamu apa yang harus dia lakukan. Beritahu dia untuk membawa Ann ke klinik.
    Kamu akan sampai di klinik untuk melihat keadaan Ann. Doctor memberitahu Doug bahwa dia terlalu banyak makan. Ketika ditanya apa yang dia makan, Ann akan menjawab (sedikit gugup) bahwa dia makan. . . Stir Fry, Omelet Rice, a Savory Pancake, Tempura Noodles, Cheese Cake, Apple Pie, Cake, Ice Cream, dan Pumpkin Pudding! Wew O-O. Doug chides her for eating so much and Ann retorts by saying that she was very hungry. Elli, however, agrees with Doug.
    Kembali ke ruangan belakang Inn, Ann sangat malu, dia berterima kasih padamu karena membawanya ke klinik dan memberitahumu kamu sangat hebat. Dia akan memberikan benda berharganya, Kotak musik yang rusak sebagai penghargaan.

    Heart Event 4

    Syarat:
     Hati berwana kuning, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu atau Minggu jam10:00AM - 7:00PM di Inn.
    Doug akan menyambutmu saat di Inn dengan ceria, dan kemudian dia memberitahumu dia ingin kamu melakukan sesuatu untuknya. Dia akan mulai menjelaskan bahwa membesarkan Ann sangat sulit baginya sejak istrinya meninggal, tapi dia berusaha melakukan yang terbaik. Alasan dia bekerja sangat keras adalah Ann telah menjadi anak yang luar biasa baginya dan sangat membantu, jadi dia ingin menemukan suami yang bisa membuatnya bahagis. Sepertinya Ann tidak pernah bicara soal pria . . Sampai dia bertemu dengan kamu, Sekarang dia bicara tentangmu sepanjang waktu! Doug kemudian akan menanyakan apa yang kamu pikirkan tentang Ann. Beritahu dia bahwa kamu menyukainya dan dia akan bahagia dan relieved.
    Tak berapa lama, Ann berjalan masuk dan menyadari kamu disini, dan menyapamu. Doug sangat senang dan menyuruh dia berdiri disampingmu. Ann sangat bingung, tapi dia little more prodding, she complies. Ketika Ann berjalan kesampingmu, Doug, still trying to contain himself, bertanya pada Ann apa yang dia pikirkan tentang kamu. Ann sangat bingung dan malu, kemudian dia menyadari apa yang ayahnya coba katakan, dia berteriak padanya bahwa itu bukan urusannya. Tapi, tentu saja, ini adalah urusannya, kata Doug, dia adalah ayahnya. Ann is rightfully mortified and storms off. Doug is amused, for Ann doesn’t get embarrassed often. Kamu mulai memerah juga dan Doug memberitahumu bahwa kamu seharusnya bicara pada Ann tentang hal ini.
  • Elli
    Heart Event 1

    Syarat:
     Hati berwarna Hitam, Senin atau Rabu setelah jam 9AM di Klinik.
    Ketika kamu memasuki Klinik, Stu akan menuntukkan sesuatu yang membuat Elli takut dan Elli menjadi kecewa. Setelah itu kamu masuk, Stu bersembunyi dibelakangmu untuk melindungi dirinya dari Elli. Elli awalnya tidak memperhatikan dan menyapamu, Laluberkomentar soal kesehatanmu. Elli nantinya akan mengatakan sesuatu tentang Stu yang bersembunyi dibelakangmu, jadi dia marah pad Elli. Elli minta maaf padamu karena gangguan ini. Kamu akan mengetahui bahwa Stu menunjukkan serangga yang Elli tidak suka. Stu memintamu agar kamu mengerti keadaannya. Pilih ya akan meningkatkan hati Stu padamu, saat kamu memilih pilihan kedua akan meningkatkan hati Elli padamu.

    Heart Event 2

    Syarat:
     Hati berwarna Ungu, Kamis, Sabtu atau Minggu, 9:00AM - 7:00PM di Klinik.
    Ketika kamu masuk ke Klinik. Elli akan khawatir danmenanyakanmu apakan ada yang salah. Kamu akan memebritahu dia tidak ada masalah dan dia terlihat senang akan hal itu. Kemudian, Jeff datang dan terlihat sakit. Jeff akan meminta Elli untuk memanggil Doctor dan dia melakukannya.
    Doctor memberitahu Elli untuk memberikan obat untuk Jeff. Dia melakukannya, tapi dia memberikan yang salah. Dia menyadarinya setelah Jeff pergi. Dia meminta maaf dan memberitahu Doctor kemudian dia mengambil obat yang benar dan pergi menyusul Jeff. Sementara itu, jeff masih khawatir dengan kesehatannya dan dia bertanya apakah dia kan baik-baik saja, dan Elli kembali. Dia meminta maaf telah memberikan obat yang salah dan Doctor berkata tidak apa-apa, semua orang membuat kesalahan. Doctor lalu memberika jeff obat dan menyuruhnya untuk meminum obatnya setiap hari, Jeff berterima kasih lalu pergi. Elli masih tetap merasa bersalah karena memberikan obat yang salah. Dan dia bilang dia berharao bisa jadi suster yang baik. Beritahu dia bahwa dia akan menjadi suster yang hebat dan dia akan bahagia mendengarnya.

    Heart Event 3

    Syarat:
     Hati berwarna Biru, Rabu, 9:00AM - 1:00PM di rumah Ellen
    Ketika kamu memasuki rumah Elli dan Ellen,mereka akan menyapamu. Elli bilang dia sedang menyiapkan makanan, tapi Stu berlarian sambil berkata dia tidak mau memakannya. Elli bilang dia tidak bisa mengawasi Stu bermain, kemudian Stu pergi ke gereja. Katakan pada Elli kamu akan menjaga Stu dan dia akan sangat senang.
    Kamu akan pergi ke gereja untuk melihat Stu. Dia tidak tahu kenapa menolak makanan buatan Elli membuatnya kecewa, jadi dia memutuskan untuk kembali. Kalian berdua akan kembali ke rumah Ellen dan Stu meminta maaf pada mereka berdua. Elli memberikanmu Pressed Flower sebagai ucapan terima kasih.

    Heart Event 4

    Syarat:
     Rabu, 9:00AM - 6:00PM di pantai
    ketika kamu memasuki pantai, kamu akan menemukan Elli berdiri di ujung dok, menatap kelautan. Kamu datang dan dia menyapamu. Setelah bertanya kenapa dia dipantai, dia akan menjelaskan bahwa dia sering mengunjungi pantai bersama keluarganya. Pantai adalah tempat yang istimewa baginya, jadi dia datang saat mempunyai beban dipikirannya. Dia datang karema Stu selalu membuat masalah, dan bagaimana dia menunjukkan tidak ada rasa menghargainya. Sejak orangtuanya meninggal, dia mencoba menjadi seperti ibunya, dan dia memebritahumu bahwa dia pikir dia telah melakukan yang terbaik. Ketika diberikan kesempatan untuk bicara, katakana padanya dia telah melakukan kerja yang bagus. Dia akan senang padamu dan dia akan percaya diri karena telah melakukan kerja yang bagus.
  • Karen
    Heart Event 1

    Syarat:
     Hati berwarna Hita,, Rabu atau Jumat antara jam 10:00AM - 1:00PM di Supermarket, kosongkan slot peralatan di ranselmu.
    Ketika kamu masuk ek Supermarket, Karen akan menyambutmu dan menanyakan apakah kamu ingin mengunjungi tokonya. Jawab ya, lalu Karen bilang untuk menikmati waktu belanjamu. Karen tahu kamu baru saja bekerja di peternakan dan berasumsi kamu akan memerlukan banyak hal. Jika kamu setuju untuk dia membantumu, dia akan pergi kebelakang toko dan bertanya pada ayahnya apakan dia dapat memberimu beberapa bibit. Jeff akan setuju setelah meyakinkan Sasha. Karen kembali dan memberikanmu bibit.

    Heart Event 2

    Syarat:
     hati berwarna Ungu, hari apa saja, 10:00AM - 1:00PM di Supermarket.
    Ketika kamu masuk ke toko, Karen dan Sasha akan terlihat berdebat, dan ketika Jeff memberitahu mereka agar tenang, Karen dan Sasha malah menyuruhnya untuk diam. Jeff mulai berkomentar perutnya sakit karena melihat mereka seperti itu. Mereka sedang mencoba memutuskan bibit bunga apa yang akan diberikan pada sepupu Karen yang sakit. Sasha ingin memberikan Pink Cat flowers, tapi Karen ingin memberikan Moon Drop flowers. Karen akan menyadari kamu sedang mendengarkan mereka dan bertanya padamu bunga apa yang terbaik. Jika kamu memilih pilihan Karen, kemudian dia akan berterimaksih kamu memilihnya dan bilang kamu mempunyai selera yang bagus. Ibunya tidak terlalu kecewa, tapi dia tetap bilang pilihannya yang terbaik. Jeff akan berterimakasih karena menghentikan perdebatan yang bodoh ini.

    Heart Event 3

    Syarat:
     Hati berwarna Biru, hari apa saja, 10:00AM - 1:00PM di Supermarket.
    Ketika kamu masuk ke Supermarket, kamu akan melihat Karen, Jeff, Sasha dan Duke mendiskusikan sesuatu. Karen bertanya pada Duke apakah hal yang dia katakana itu benar, dan berkata betapa bahagianya dia tentang hal ini, dan kemudian berterimakasih pada orang tuanya. Ternyata dulu Jeff meminta Duke membuat Wine pada hari kelahiran Karen dan Duke datang ke sana untuk memberitahu Wine nya sudah bisa diambil.
    Jeff menintamu apakah kamu mau pergi dengan Karen untuk mengambil Wine. Jika kamu setuju, kamu, Duke dan Karen akan pergi ke Winery. Duke terlihat melihat-lihat di basemeny sampai dia menemukan botol dengan lebel bertuliskan “Karen”. Karen berterimakasih padanya dan saat dia ingin keluar Duke bilang ada banyak Wine dengan lebel nama “Karen”! Ternyata Jeff sangat atas kelahiran Karen, dia mengorder 3 tempat Wine. Terkejut, Karen memintamu untuk membantunya membaw Wine ke Supermarket. Kamu akan setuju.
    Kembali ke Supermarket ketika tugas selesai. Karen sangat kelelahan. Untuk berterimakasih atas bantuanmu dia memberikanmu sebotol Wine.

    Heart Event 4

    Syarat:
     hati berwarna kuning, Senin, Kamis atau Sabtu, 10:00AM - 1:00PM di Supermarket.
    Ketika masuk ke Supermarket, kamu akan melihat Karen memasak didapur. Dia berkata bahwa dia sangat yakin pada massakannya kali ini, positif akan sukses. Orangtuanya sedikit gugup, tapi setuju dengannya. It isn’t until Karen suggests that her parents try out her cooking that they become very distressed. Jeff bertanya kenapa, dan Karen menjawab dengan bilang dia ingin tahu rasanya enak atau tidak. Sasha mutters to Jeff that eating her food will make them ill, and Jeff mutters back that if they don’t taste it, mereka akan menyakiti perasaan Karen. Tiba-tiba, Jeff mengeluh perutnya sakit lagi dan bilang bahwa dia tidak bisa memakan masakan anaknya lagi (kasian. . .). Lalu kamu berjalan pada saat yang tepat! Jeff menyarankan padamu untuk mencicipi makanan buatan Karen, dan jika kamu setuju kamu akan berada di dapur dibelakang Supermarket. Karen memberitahumu untuk memakan masakannya, dan kamu menurutinya, walaupun terpaksa. Dan hasilnya makanan itu terlalu buruk sampai kamu pingsan!!
    Setelah itu, kamu akan bangun di Klinik. Doctor akan bertanya apakah kamu baik-baik saja, dan kemudian bertanya pada Karen apa yang menyebabkan kamu pingsan. Karen bilang bahwa kamu kelelahan, tapi Doctor tidak percaya. Karen tidak berfikir bahwa karena makanannya kamu pingsan, lalu dia hanya berkata padamu lain kali bernafaslah sebelum kamu makan! wkwk :v
  • Mary
    Heart Event 1

    Syarat:
     Hati berwarna Hitam, jam 10:00AM - 4:00PM di Perpustakaan
    Ketika masuk ke perpustakaan, kamu akan melihat Mary berbicara dengan dirinya sendiri. Awalnya dia tidak memperhatikan kamu, tapi kemudian dia melihatmu, dia akan menyambutmu. Dia akan berterimakasih telah datang ke Perpustakaan dan minta maaf karena tidak memperhatikanmu, dia menjelaskan dia tidak bisa memperhatikan sesuatu jika dia sedang berfikir. Ketika diberika pilihan, tanya dia apakah kamu dapat membantu apa yang sedang dia kerjakan dan poin hatinya akan naik padamu. Dia akan menjelaskan dia sedang menulis sebuah novel dan dia akan memberitahumu untuk membaca buku yang kamu mau.

    Heart Event 2

    Syarat:
     Hati berwarna Ungu, hari Kamis, Sabtu atau Minggu, jam 10:00AM - 4:00PM di Perpustakaan
    Ketika kamu masuk, Mary tidak akan menyadari ada kamu. Dia sedang mencari suatu buku. Dia akhirnya menyadarimu, dan dia kaget. Tampaknya dia tidak menyadari bahwa kamu melihat dia sedang mencari sesuatu, dia berjalan ke arahmu dan bertanya apa yang kamu butuhkan. Dia kemudian menyadari bahwa kamu melihat dia mencari sesuatu, dan memberitahu bahwa dia kehilangan bukunya dan dia tidak bisa menemukannya. Bantu dia menemukan novelnya. Kamu akan mulai mencarinya sebuah rak, dan Mary akan bertanya apakah kamu menemukan bukunya (padahal kamu belum menemukannya)/ Kamu kemudian akan bindah ke baris rak selanjutnya, dan kamu menemukan bukunya. Mary saat berterimakasih atas bantuanmu.

    Heart Event 3

    Syarat:
     Hati berwarna Biru, hari Senin, jam 12:00PM - 5:00PM di Mother’s Hill.
    Ketika kamu ke puncak, kamu akan menemukan Mary, dan dia menangis!! Kamu melihatnya, dan setelah menyadari dia menangis, kamu menghampirinya. Dia menjelaskan bahwa dia menemukan sebuah buku saat dia membersihkan Perpustakaan, dan dia ingin tahu isinya. Dia akan memberitahumu dia berada di puncak karena dia ingin sebuah pemandangan yang indah saat membaca buku itu. Dia berkata bahwa cerita bukunya sangat bagus dan kamu mengangguk. Setelah berterimakasih padamu karena kamu khawatir tentangnya, dia kan bertanya apakah kamu pernah menangis saat membaca sebuah buku. Jika kamu menjawab kadang-kadang, dia akan senang denganmu. Dia berfikir seseorang yang merespon bagus pada buku adalah orang yang cerdas. Dia akan menawarimu memberikan buku yang dia baca, tapi kamu menolaknya. Dia bilang tidak apa-apa karena dia telah selesai membacanya, dan dia berfikir kamu akan sangat menyukai buku itu. Buku itu membuat dia menangis siihh. . .

    Heart Event 4

    Syarat:
     Hati berwarna Kuning, Senin, jam 10:00AM - 1:00PM di rumah Mary
    Ketika memasuki rumahnya, kamu akan melihat Basil dan Anna berdiskusi tentang Mary. Tampaknya, Mary kecewa dengan sesuatu dan mereka tidak tahu apa alasan Mary kecewa dan mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan. Tiba-tiba mereka menyarankan padamu untuk menghampiri Mary dan mencaritahu apa yang mengganggunya. Mereka akan berkata Mary ada di lantai kedua, jadi ke ataslah kamu. . .
    Ketika kamu berada diatas, Mary tahu Basil mengirimu untuk bicara padanya, dan menjelaskan bahwa dia tidak kecewa dan Basil hanya salah paham tentang perasaannya. Kemudian kamu pergi kebawah dan menjelaskan apa yang terjadi. Orangtuanya lega, tampaknya Mary ingin menulis sebuah novel baru tapi dia tidak tahu apa yang harus dia tulis. Basil menanyakan apakah kamu punya ide.
    Mary kemudian bertanya padamu apakah kamu punya waktu karena dia ingin mewawancaraimu tentang bekerja di peternakan, secara otomatis kamu akan setuju. Wawancara itu berakhir sampai jam 6PM, yang mana sangat lama, jadi dia minta maaf telah menahanmu begitu lama. Dia sangat menghargaimu dan mengucapkan banyak terima kasih padamu. Ketika Kamu pergi ke atas, Mary tahu bahwa Basil menyuruhmu untuk berbicara dengan dia, mary menjelaskan bahwa dia tidak marah dan Basil hanya salah paham. Kemudian Kamu kembali menuruni tangga untuk menjelaskan kepada orang tuanya apa yang terjadi. Mary melakukannya, dan kedua orang tuanya merasa lega. Rupanya, Mary ingin menulis sebuah novel baru, tapi dia tidak tahu apa yang harus ceritakan. Basil menanyakan apakah Kamu punya ide. Jika Kamu mengatakan bahwa itu harus tentang bekerja di pertanian, mereka semua akan setuju dan mengatakan itu adalah ide yang baik. Mary kemudian bertanya apakah Kamu memiliki waktu untuk dia mewawancarai tentang bekerja di pertanian, secara otomatis Anda setuju. Wawancara berlangsung sampai 18:00, lebih lama dari yang ia harapkan, jadi dia meminta maaf kepada Kamu untuk mengambil waktumu begitu lama. Dia sangat menghargai apa yang kamu lakukan dan berterimakasih untuk itu.
  • Popuri
    Heart Event 1

    Requirements:
     Hati berwarna Hitam, Rabu atau Jumat dari 10:00AM - 6:00PM, di depan Poultry Farm (jalan dari Blacksmith).
    Kamu akan berjalan dan mendengar Popuri berteriak karena sesuatu. Ternyata, seekor ayam mencoba kabur dari peternakan. Ayam itu lari kearahmu (tentu aja) jadi kamu menangkapnya. Popuri akan berlari dan mengucapkan terima kasih, berkomentar betapa susah untuk menangkap ayam. Dia kemudian akan bertanya apakah kamu menyukai ayam. Katakan ya dan hatinya padamu akan meningkat, dan kemudian dia akan berkata tentang apa yang dia pikirkan tentang orang yang menyukai ayam.

    Heart Event 2

    Syarat:
     Hati berwarna Ungu
    Suatu pagi, Popuri akan mengunjungimu kira-kita jam 6:00AM saat kamu keluar dari rumahmu. Dia akan bertanya apakah kamu bisa memberikannya tur di peternakanmu. Katakan padanya kamu bisa, dan kalian berdua akan pergi melihat sekeliling peternakan. Kalian akan berhenti di kandang ayam, dan dia akan berkomentar (”This is a very nice Chicken Coop you have!”). Tur akan berakhir pada siang hari. Popuri akan berterimakasih karena kamu telah menunjukkan peternakanmu.

    Heart Event 3

    Syarat:
     hati berwarna Biru, musim apa saja kecuali musim Panas, Minggu jam 10:00AM - 1:00PM di Gereja
    Saat memasuki Gereja, kamu akan menemukan Popuri, Carter, May dan Stu ada didalam. May ingin bermain rumah-rumahan, Tapi Stu tidak mau. May mengabaikannya dan langsung berkata Carter harus menjadi Ayah dan Popuri menjadi Ibu didalam permainannya. Walaupun Popuri tidak mempermasalahkannya, tapi Carter tidak bisa, dia banyak pekerjaan yang harus dilakukan. May sedikit marah, lalu berkata bahwa mereka tidak bisa main tanpa seorang ayah. Kemudian, kamu masuk dan Carter menjadi lega dan mengatakan bahwa kamu datang disaat yang tepat. Popuri menjelaskan situasinya dan Carter bertanya padamu apakah kamu bisa bermain sebagai ayah. Jika kamu setuju, Popuri dan May akan senang.
    Setelah itu, kalian berempat akan berjaan ke Hot Spring untuk bermain. Popuri, may dan Stu menyambutmu dan Popuri menanyakan apakah kamu ingin makan malam. Game akan berjalan agak lama sampai May mengatakan Stu mengompol! Stu marah dan bertanya bagaimana may mengetahuinya, dan May terdiam sebelum akhirnya dia bertanya apakah Stu mengompol sungguhan (dia hanya bilang Stu mengompol untuk permainannya). Ini sangat mengecewakan Stu, dia berlari sambil menangis. May memanggil dan akhirnya mengikutinya. Popuri mengatakan bahwa dia sangat senang bermain rumah-rumahan dulu, dia jadi teringat masa kecilnya. Sebagai terimakasih, dia akan memberikan “Mud Ball” buatannya dan diberikan esok harinya.

    Heart Event 4

    Syarat:
     hati berwarna Kuning, hari apa saja, jam 10:00AM - 1:00 PM di Poultry Farm.
    Ketika kamu memasukinya, kamu akan melihat Lilia, Rick dan Popuri mendiskusikan sesuatu. Rick ternyata marah pada ayahnya yang meninggalkan mereka untuk mencari obat Lilia, dia berkata ayahnya tidak bertanggung jawab, dan Popuri marah dengan Rick karena mengucapkan kata-kata itu. Kemudian, Lilia menyadarikeberadaanmu, dan kamu berjalan, dan meminta maaf padamu. Popuri dan Rick masih berargumen, Rick masih berkata bahwa ayahnya tidak bertanggung jawab. Kemudian kamu akan mendapatkan pilihan apakah berada dipihak Rick atau Popuri atau bersimpati pada Lilia. Jika kamu memutuskan bersimpati pada Lilia, kedua anaknya akan menyadari betapa bodohnya mereka dan minta maaf pada Lilia.

7. Event

  • Stu sakit?
    Jika kamu berjalan ke rumah Elli pada hari Rabu, dia akan mengatakan tentang Stu yang akan berobat ke dokter. Walaupun Ellen setuju, Stu merasa baik-baik saja. Elli protes dengan mengatakan Stu sedang demam, dan Stu berkata Elli tertalu khawatir padanya.
    Beberapa saat kemudian Stu setuju untuk pergi ke klinik.
    Lalu kamu akan sampai dan Elli akan memintamu untuk mengantar Stu ke klinik. Kamu akan secara otomatis setuju dan mengantarkan Stu ke ruangan Dokter. Dokter berkata bahwa Stu hanya terkena flu.
    Elli lega, tapi Stu berkata "I told you so!" Stu berterimakasih padamu karena kamu mengantarkannya kerumah.
  • Lillia's Malady
    Jika kamu berteman baik dengan Lilia, satu hari saat memasuki rumahnya, dia akan memberitahukanmu keadaannya sedang tidak baik dan toko tutup hari ini. Setelah dia berkata itu, Rick dan Popuri datang dengan berlari, mereka pergi ke klinik untuk mendapatkan obat untuk ibu mereka.
    Lilia mengatakan dia beruntung mendapatkan anak seperti mereka.
  • Ellen's Love Letter
    Jika kamu berteman baik dengan Ellen dan memasuki rumahnya saat ada Elli, kamu akan melihat satu adegan. dimana Elli menemukan surat cinta dilaci saat mencari buku obat yang di pindam dari Dokter.
    Surat itu untuk Ellen dari suaminya yang dulu, dan dia membacakannya dihadapanmu.
  • Playtime!
    Jika kamu memasuki rumah Ellen pada hari Rabu sekitar jam 10 AM setelah Elli pergi, kamu akan melihat sebuah adegan dimana Stu meminta Ellen membacakannya cerita. Kemudian kamu berjalan dan Ellen berkata bahwa Stu sangat menyukaimu dan melihatmu sebagi kakak laki-lakinya.
    Stu kemudian memintamu bermain dengannya, dan Elli bilang kamu terlalu sibuk.
    2 pilihan akan muncul. Jika kamu memilih "Lest's Play", layar akan menghitam sebentar.
    Kemudian terlihat Stu ingin bermain lebih lama, tapi Elli bilang sudah cukup. Mereka akan mengucapkan terima kasih dan saat kamu keluar dari rumah, jam akan menunjukkan pukul 7:00 PM. Ini hanya akan terjadi pada Musim Dingin.
  • Rick dan Kai bertengkar
    Jika kamu pergi ke pantai hari Sabtu sekitar jam 12:00 PM sampai 6:00 PM. Kamu akan melihat Kai duduk dibangku.
    Rick akan muncul dan mereka bertengkar karena Popuri. Kai akan berkata sesuatu yang membuat Rick sangat marah dan dia ingin Kai menarik kata-katanya kembali. Kai bilang Tidak, dan kemudian Rick pergi. Mereka berdua berteriak.
    Kamu dapat bicara pada Kai, dan dia akan berkata sesuatu tentang waktu. . .
  • Larangan
    Jika kamu pergi ke pantai saat musim Panas, kamu mungkin tidak sengaja akan melihat Kai dan Rick sedang berdebat. Rick berkata pada Kai bahwa Kai lebih baik meninggalkan Popuri dan Kai bilang apa yang akan dilakukan Rick jika dia mengunjunginya.
    Rick marah dan Kai membuat keadaannya memburuk dengan berkata dia kasihan pada Popuri karena mempunyai kakak seperti Rick. Rick mengamuk dan "melarang" Popuri berdekatan dengan Kai.
  • Kayu Emas untuk Pagar?
    Jika kamu membuat pagar, tak peduli seberapa besarnya, dengan Kayu Emas dan selesai dalam hari itu juga, ketika kamu keluar dari rumah penduduk desa akan datang, dan mulai membicarakanmu, mereka akan membencimu!!
    Walikota akan menjelaskan :“Sure they are upset with you! If you want to make amends, get rid of that golden lumber now!”
  • Cliff pingsan
    Pada musim dingin, ketika hujan salju, pergilah ke Rose Square dan kamu akan melihat satu adegan dimana Cliff pingsan.
    Kamu akan membawanya ke Klinik dan satu hari keudian memberikan dia sebuah foto saat dia pingsan dan dia memberitahukan masa lalunya padamu.
  • Bertemu dengan Kai
    Jika kamu keluar rumah antara pukul 9AM sampai 7 PM pada musim Semi tanggal 31, kamu akan melihat May dan Popuri berbicara dengan Kai.
  • Won's Golden Service time
    Masuki rumah Zack dan Karen akan masuk untuk melihat barang yang dibawa Won. Won mengumumkan itu adalah "Golden Service Time" dan membiarkan Karen mengambil apapun secara gratis.
    Setelah Karen pergi, Won mengumumkan bahwa "Golden Service Time" berakhir.
  • Suara Misterius
    Jika kamu memasuki gereja, kamu mungkin melihat Carter senang. Dia memberitahumu bahwa dia mendengar suara yang mengatakan akan ada hal baik. Zack msuk dan mengantarkan sesuatu utnuk Carter. Carter kemudia berkata suara itu benar. . .Ini terjadi bukan saat pengakuan dosa.
  • Suara Misterius 2
    Event ini mengambil tempat dekat sungai Mother Hill (antara Tambang dan Pemandian Air Panas) dan saat itu hari Rabu, hari yang sama saat klinik tutup pada jam 9 AM (tepatnya jam 9:40AM).
    Juga saat musim Panas, tapi saya ragu apakah musim mempengaruhi event ini.
    Dan juga, Dokter bilang ketika dia kecil, dia selalu menyelahkan orangtuanya karena tidak memperhatikan karena ayahnya dalah dokter dan ibunya suster. Sekarang dia menjadi dokter dan mengerti situasi dan sadar bahwa menyelamatkan nyawa orang lain sangat penting bagi dokter.
    Dan dia berharap dia dulu bukan anak kecil yang menyebalkan karena pengetahuannya yang kurang. Kemudian pembicaraan selesai dan ketika kamu ingin bicara padanya lagi, dia hanya akan berkata ".................".
    Mungkin ini menandakan berakhirnya event ini dan kamu dapat pergi menebang pohon untuk mendapatkan beberapa kayu tanpa menghilangkan sedikit waktu (waktu tidak berjalan saat itu).
  • Lomba Minum
    Ketika kamu berjalan ke Bar suatu malam, kamu akan melihat Duke dan Karen berdebat soal bon di Supermarket. Mereka setuju untuk mengakhirinya dengan kontes minum bir, jika Karen menang maka Duke harus membayar semua tagihan hutangnya, jika Duke yang menang dia tidak harus membayar apapun.
    Karen akan menang dan Duke akan memintamu membawanya pulang. Ketika di rumah Duke, Manna akan berteriak padanya, lalu kamu memutuskan untuk pergi. Kamu akan keluar dari event itu sekitar jam 11:00 PM.
  • Event dengan Doug
    Tanggal 5 Musim Gugur di Mother Hill, ketika kamu memasuki puncak kamu akan melihat Doug dan berjalan kearahnya. Dia memberitahu bahwa hari ini adalah hari kematian Ibu Ann. Kemudian dia berkata “Ann lets me take the day off every year, bless her.”
  • Event dengan Mary
    Event ini terjadi tahun ke 3, musim Panas, pada hari sabtu yang cerahdi gunung dekat rumah Gotz, jalan dari arah kota, bukan dari peternakanmu. Kamu harus sudah menikah dengan seseorang selain Mary. Kamu berjalan dan melihat Mary berbicara sendiri tentang rumput.
    Kamu akan menghampirinya dan dia akan bertanya bagaimana pernikahanmu. Lalu dia akan cerita apa yang sedang dia lakukan. Dia sedang mencari rumput yang dibutuhkan ayahnya untuk penelitian.
    2 pilihan akan muncul. Jika kamu memilih "That’s nice of you" dia kemudian akan mencoba membantu ayahnya dan dia menyukainya. Kemudian dia meminta maaf karena menggangumu, dan dia pulang. Dia mengucapkan sukses pada peternakanmu.
  • Event dengan Gray dan Kai
    Event ini terjadi pada tahun kedua, musim Panas, hari Selasa yang cerah selama pagi hari di toko Kai. Gray masuk dan berkata dia kelaparan, jadi Kai memberikan sesuatu untuk Gray makan dan Gray menyukainya. Kemudia kamu masuk dan bilang sangat aneh Gray ada di sana, dan Gray menjelaskan bahwa Kai mengundangnya. Kai bilang bahwa hanya Gray yang tahu rasa makanan kota sama seperti dirinya.
    Gray memberitahu bahwa makanannya sangat enak dan bilang itu sangat berarti baginya. Gray berkata "bye" kepadamu dan Kai lalu dia pergi. kemudian Kai berkata padamu bahwa Gray pria yang hebat dan itu adalah akhir dari event ini.
    Jika kamu berbicara dengan Kai sebelum pergi dia akan berkata bahwa dia senang bicara dengan Gray di Iin, tapi ini kali pertama Gray mampir ketempatnya.
  • Event dengan Kai dan Popuri
    Event ini terjadi ditahun ketiga, musim Panas selasa yang cerah jam 5-7PM di rumah Kai di pantai. Ketika kamu masuk ke rumah Kai di pantai dia akan berbicara padamu tentang bagaimana dia melihat begitu banyak pengunjung untuknya. Beberapa orang akan datang, termasuk Mayor dan Mr. Gourment.
    Popuri kemudian berkata bahkan banyak sekali pengunjung yang datang dan Kai tidak bisa melayani sendiri, dan dia meminta bantuanmu.
    kamu setuju dan layar akan memperlihatkan sedikit perbedaan, Popuri dan Kai melayani semua pengunjung.Pengunjungnya kebanyakan penduduk desa, bahkan para Kurcaci! Akhirnya pantai sepi hanya ada kamu, Popuri dan Kai. Dan kalian sangat kelelahan.
    Kai berterimakasih pada Popuri karena melayani pengunjung, dia berterimakasih padamu karena membantunya. Lalu layar akan menghilang perlahan. Dan kamu bilang kamu terlalu banyak mengelurkan keringat dan harus pergi kerumah untuk tidur, dan kemudian sudah pagi.
  • Joanna's phone call #1
    Pergi ke Inn sekitar jam 4Pm sampai 7PM pada jumat dan kamu akan melihat Barley sedang berbicara dengan seseorang ditelepon.
    Setelah beberapa saat dia akan meminta dia untuk pulang, tapi orang itu bilang tidak bisa dan mematikan teleponnya! Setelah Barley pergi, Doug menebak bahwa Joanna yang tadi menelepon.
    Barley dengan sedih mengangguk dan berkata pada Doug bahwa May harus menunggu dia pulang. Barley tidak mengerti kenapa Joanna, anaknya tinggal jauh dari Mineral Town.
    Doug bilang jika dia datang maka akan disambut oleh penduduk desa yang sama sekali tidak berubah. Barley setuju dan dia terlalu cemas tapi kali ini bukan waktu yang tepat.
    Tidak ada Joanna membuat May sakit hati! Doug setuju dan bilang May butuh seorag ibu diusianya. Telepon Joanna membuat Barley kaku jadi dia memutuskan untuk membuat beberapa Selai karena itu adalah makanan favotit May.
  • Zack's House
    Pada musim Semi tanggal 13, Jumat sekirat jam 2:40PM tahun pertama, saat cerah.
    Popuri memasuki rumah Zack dan menanyakan Zack soal paket. Dia berkata paket itu sudah sampai dan akan segera mengambilkannya. Setelah itu Popuri memintamu untuk merahasiakannya dan kamu bilang ya, dia memberitahu bahwa paket itu adalah hadiah untuk ulang tahun Lilia sebagai kejutan.
8. Festival

Musim Semi 
  • 1st: New Year Festival

    Datang ke Town Square untuk merayakan Tahun Baru! Ini lebih bersifat festival sosial, tidak ada kontes. Nantinya kamu dapat megisi tasmu dengan kue Mochi!! Bicara pada Walikota Thomas dari depan meja dan slot kosong ditasmu akan diisi dengan kue Mochi.
  • 14: Spring Thanksgiving Festival
    Spring Thanksgiving Festival adalah hari dimana kamu membalas hadiah gadis yang pernah memberimu hadiah saat Winter Thansgiving. Cookies tidak dijual dimanapun, jadi kamu harus membuatnya sendiri. Setiap gadis (termasuk Karen yang tidak suka makanan manis) akan menghargai pemberianmu, dan mereka akan meningkatkan rasa kasih sayang padamu sedikit. Hanya Goddess yang tidak akan menghargai pemberianmu, jika kamu memberikannya Cookies.
  • 18: Spring Horse Race

  • Horse Race diadakan 2x setahun -- pada tanggal 18 musim Semi dan musim Gugur di Town Square. Ada 3 balapan, dan kamu dapat mengikuti sesuai keinginanmu. Ketika kamu ikut berpartisipasi kamu harus membayarnya dengan Gold, tapi jika kamu menang, kamu akan diberikan Medali. Medali itu dapat ditukar dengan hadiah diakhir balap kuda.

    • Jika kamu ingin bertaruh, bicara pada Thomas. Setiap taruhan seharga 50G. Yang aneh dari ini, kamu akan memilih kuda yang akan menang. Nomor yang paling tinggi mempunyai kesempatan yang kecil untuk menang. Anda ingin membuat taruhan, berbicara dengan Thomas. Setiap bertaruh Anda menempatkan biaya 50G. Kemungkinan kemenangannya ditampilkan di kanan. Semakin tinggi angkanya, semakin sedikit kesempatan menang, tapi semakin banyak uang yang Anda dapatkan jika menang. Jumlah medali yang Anda dapatkan ditentukan dengan mengalikan jumlah taruhan Anda ditempatkan oleh peluang. Misalnya, jika kuda memiliki 1 dari 5 kesempatan untuk memenangkan dan Anda menempatkan 5 taruhan di atasnya, Anda akan menang 25 medali. Anda dapat menukar medali untuk hadiah caranya berbicaralah dengan Thomas (Lihat tabel).

      • Jika kamu ingin balapan untuk diri sendiri, kamu harus menunggu kuda Barley sampai dewasa. Thomas akan mengunjungi peternakanmu sebelum balapan untuk menanyakanmu apakah kamu bersedia ikut balap kuda. Jika kamu ingin mengikutinya, dia akan mengambil kudamu hari itu. Kudamu akan dikembalikan setelah balap kuda. Kamu akan masuk di balapan kuda yang ketiga. Semakin banyak hati kudamu, semakain banyak stamina yang dimilikinya. Ketika dibalapan, tekan A untuk membuat kudamu berlari kencang. saat berlari kamu dapat melihat stamina kudamu yang hilang dengan melihat bubble diatas kepala kudamu. Ketika berwarna hijau itu berarti kudamu sangat baik. Saat berwarna kuning, dia baik-baik saja tapi tandanya kamu tidak boleh memaksanya. Saat berwarna merah, kudamu kelelahan dan akan melambat. Jika kamu menang, kamu akan mendapatkan Power Berry.

  • Dibawah ini adalah daftar hadiah yang dapat kamu menangkan.
    Hadiah : Medali
    Adamantine : 4
    Mushroom : 10
    Diamond : 14
    Brooch : 18
    Necklace : 20
    Suntan Lotion : 30
    Lotion : 35
    Face Pack : 42
    Power Berry : 900
    Pirate Treasure / Truth Jewel* : 1000

    * Saat kamu membeli Power Berry, Pirate Treasure akan digantikan dengan will be Truth Jewel.
  • 22: Cooking Festival

    Pada tanggal 22 musim Semi, pergi ke Town Square sekitar jam 10:00AM. Tuan pencicip makanan akan ada disana, dan dia akan memberitahumu kategori makanan apa yang dilombakan tahun itu. Kali ini, kamu harus membuat makanan tertentu untuk menang. Setelah dia memberitahu makanan apa yang harus dibuat, tinggalkan Town Square dan kamu akan berada dirumah. Ketika membuat makanan, kamu harus kreatif menambahkan bumbu extra ke resepmu.
     

• Tahun 1 : Bawa Jus seperti Jus Sayuran dan Fruit Olé.
• Tahun 2 : Bawa makanan manis seperti Cheesecake danCookies.
• Tahun 3 : Bawa roti seperti sandwich dan French Toast.
• Tahun 4 : Bawa Mie seperti Curry Udon danTempura Udon.
• Tahun 5 : Bawa makanan seperti Pizza dan Tempura.
• Setelah tahun ke 5, kategori setiap tahun akan diambil secara acak.

Musim Panas 
  • 1: Beach Day
    (Catatan: Kamu tidak dapat berpartisipasi pada tahun pertama karena anjingmu belum dewasa). Pada hari terakhir musim Semi, Zack akan datang ke peternakanmu dan menanyakan apakah kamu mau berpartisipasi dalam Opening Day Festival di beach esok hari. Jika kamu menerima, dia akan membawa anjingmu. Di Festival, anjing dewasamu akan berpartisipasi dalam lomba menangkap frisbee. Intinya adalah untuk melemparkan frisbee ke jarak tertentu sehingga anjingmu dapat menangkapnya. Persyaratan aktual untuk jarak bervariasi untuk setiap permainan. Perhatikan arah kiri dan lempar frisbee dengan menekan A ketika mendekati batas berwarna hijau. Jika anjingmu masuk persyaratan, kamu akan menang dan menerima sebuah Power Berry.
  • 7: Chicken Festival
    1 hari sebelum Sumo Ayam, Rick akan mengunjungimu dan menanyakan apakah kamu ingin mengikuti lomba itu. Jika kamu ingin ikut, pilih yam dengan hati paling banyak. Hari selanjutnya, pergi ke Square jam 10:00AM dengan ayammu. Rick akan memberitahu peraturan Sumo Ayam. Dasarnya, kamu tekan tombol A saat ayammu menghadapi ayam lain untuk menakutinya. Jika ayam takut akan ada tanda "!" diatas kepalanya. Intinya untuk mencoba membuat takut ayam lain sampai keluar ring. Jika kamu memenangkan 3 ronde, maka ayammu akan menghasilkan Telur Emas!
  • 20: Cow Festival
    Barley akan mengunjungimu 1 hari sebelumnya untuk menanyakan apakah kamu ingin ikut dalam Festival Sapi. Jika kamu pilih "Yes", kemudian pilih sapi dengan hati yang paling banyak untuk masuk ke festival. Besoknya pergilah ke Town Square. Untuk memulai penjurian, bicara pada Barley. Jika sapimu punya kasih sayang yang banyak padamu, kemudian kamu akan menang, dan sapimu akan menghasilkan Susu Emas! .
  • 24: Fireworks
    (Catatan: Pastikan sebelumnya kamu menyelesaikan pekerjaanmu sebelum pergi ke Festival. ketika Festifal selesai, kamu akan ada dirumahmu dan hari sudah pagi). Pada jam 6:00PM, semua orang akan berada di pantai, menunggu perts kembang api dimulai. Jika kamu memiliki gadis dengan hati merah, dia akan mengajakmu menyaksikan kembang api bersama dengannya. Setujuilah dan kamu berdua akan berjalan ke ujung dok untuk menyaksikan kembang api.
Musim Gugur 
  • 3: Music Festival
    Carter akan datang tanggal 2 musim Gugur untuk memberitahukanmutentang Festival Musik dan memintamu berpartisipasi. Jika kamy mau, dia akan memberitahumu untuk bermain Ocarina dan kemudian dia pergi. Pada tanggal 3 musim Gugur, temui dia diluar gereja setelah pukul 6:00PM. Kamu akan masuk, berbicara dengan para tamu, dan kemudian acara akan dimulai. Kamu akan bermain Ocarina, Elli dan Ann akan bermain Flute, Mary akan bermain Organ, dan Karen akan bernyanyi. Setelah Festival selesai, kamu akan bangun esok harinya dirumahmu.
  • 9: Harvest Festival
    Walikota akan mengunjungimu pada tanggal 8 musim Gugur untuk memberitahumu tentang Harvest Festival, yang mana penduduk desa akan memasukan bahan makanan kedalam panci yang sangat besar dan berbagi sup itu setelahnya. Walikota akan menyuruhmu membawa sebuah makanan untuk dimasukkan kedalam panci itu. Besok paginya, bawa apasaja ke Plaza, dan bicaralah pada Walikota sambil memegangnya. Kamu akan memasukkannya ke panci dan nanti kamu akan memakan sup. . .
  • 13: Festival at Mother's Hill
    Kamu bisa mengikuti Festival ini jika salah satu memiliki paling tidak hati berwarna hijau. Pergilah ke puncak Mother's Hill antara pukul 6:00PM sampai 12:AM, dan gadis dengan kasih sayang tertinggi akan menunggu disana. Jika kamu setuju untuk menyaksikan matahari terbit dengannya, hubunganmu dengannya akan makin baik. Saat event berakhir, kamu akan muncul dirumah esok paginya.
  • 18: Fall Horse Race
    Balap Kuda akan berlangsung setahun dua kali, tanggal 18 musim Semi dan Gugur. ada 3 balapan, dan kamu bisa bertaruh sebanyak yang kamu mau. Ketika bertaruh kamu harus membayarnya dengan Gold. Jika kamu menang taruhan kamu akan mendapatkan Medali. Medali dapat ditukar dengan hadiah saat acara berakhir. Jika kamu ingin bertaruh, bicara pada Thomas. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Spring Horse Race.
  • 21: Sheep Festival
    Barley akan datang tanggal 20 musim Gugur dan bertanya padamu apakah kamu akan berpartisipasidalam Festival Domba. Kamu tidak bisa memasukkan domba yang sakit, hamil atau yang tidak memiliki bulu ditubuhnya. Barley akan mengambil dombamu dan mempersiapkannya untuk festival. Esoknya, pergilah ke Square dimana lomba akan dilangsungkan. Untuk mulai penjurian, bicaralah pada Barley. Jika dombamu memiliki kasih sayang padamu, kamu akan menang dan dombamu akan menghasilkan Wool Emas!
  • 30: Pumpkin Festival
    Satu pagi saat Festival Labu, May akan mengunjungimu dan memita permenpadamu. Jika kamu tidak memiliki permen, kamu bisa memberikan apapun yang bisa dimakan, tapi mereka tidak akan senang, jadi pastikan kamu memiliki coklat terlebih dahulu! May akan mampir jam 6:00AM, Stu akan datang jam 8:00 AM dan Popuri akan datang jam 10:00 AM, jadi jika kamu tidak ada di peternakan, kamu akan melewakan semuanya!!
Musim Dingin 
  • 14: Valentine's Day
    Hari Valentine adalah hari dimana para gadis menunjukkan seberapa besar rasa suka mereka padamu dengan membuatkanmu makanan manis. Ada 5 gadis yang akan datang ke rumahmu pada jam tertentu. Popuri datang jam 6AM, Ann datang jam 8AM, Elli datang jam 10AM, Karen datang jam 12AM, dan Mary akan datang jam 2PM. Mereka tidak akan membawakanmu hadiah jika hti mereka minimal berwarna ungu. Jika ada gadis yang hatinya berwarna hijau, dia akan memberikanmu kue coklat sebagai pengganti coklat.
  • 24: Starry Festival
    Pada tanggal 23 musim Dingin, satu hari sebelum festival, bicara pada gadis desa yang punya hati minimal berwarna hijau. Dia akan memintamu untuk makan malam dengan keluarganya selama Starry Festival. Setujuilah, tentu saja. Pada tanggal 24, pergi kerumah gadis itu setelah pukul 6PM untuk makan malam dengannya dan keluarganya. Saat event ini selesai, kamu akan muncul kembali di rumahmu pagi hari, ajdi pastikan selesaikan semua pekerjaanmu. . .
  • 25: Stocking Festival
    Kamu dapat melihat festival ini jika kamu mempunyai kaos kaki. Untuk mendapatkannya, berteman baiklah dengan Ellen. Saat kamu sudah berteman baik dengannya, berikan dia benang Wool dan dia akan menawarkan untuk menjahitkan benang wool itu menjadi kaos kaki untukmu. Akan membutuhkan waktu yang lama agar bisa berteman baik dengan Ellen, tapi terus usaha. Jika kamu sudah mendapatkan kaos kaki itu dari Ellen, lalu pada tanggal 25 musim dingin, tidurlah antara jam 9PM sampai jam 12AM. Thomas akan berakting sebagai Santa Clause dan meninggalkan hadiah di kaos kaki. Kamu dapat memeriksanya pada pagi hari dan lihat apa yang kamu dapatkan.
  • 30: New Year
    Ada 2 perbedaan event yang terjadi saat New Year’s Eve, jadi kamu bisa memilih antara 2 itu. 2 perbedaan itu tidak diulan sampai malam, kamu bisa menentukan sampai kapan acara itu. Fertival yang pertama ada di Square, dimana kamu bergabung dengan penduduk lain dan makan mie tahun baru. Setelah festival selesai, akan ada tepung yang tersisa, jadi Thomas mengisi ranselmu yang kosong dengan tepung. Event yang kedua ada di puncak Mother’s Hill dan tidak akan mulai sampai tengah malam. Pergi ke puncak gunung untuk melihat matahari terbit dengan beberapa penduduk desa. Event ini tidak akan mulai sampai kamu bicara pada Doug, jadi silahkan bicara dengan penduduk lain sampai kamu puas lalu bicaralah dengan Doug.
9. Resep Makanan

Daftar Resep Masakan Harvest Moon Friend of Mineral Town
=========================================================
Makanan :
Small Mayonnaise
Alat : whisk
Bahan : egg S, oil, vinegar.
Medium Mayonnaise
Alat : whisk,
Bahan : egg M, oil, vinegar.
Large Mayonnaise
Alat : whisk,
Bahan : egg L, oil, vinegar.
Gold Mayonnaise
Alat : whisk,
Bahan : egg G, oil, vinegar.
P Mayonnaise
Alat : whisk,
Bahan : egg P, oil, vinegar.
Boiled egg
Alat : pot
Bahan : salt, egg.
Butter
Alat : mixer
Bahan : salt, milk.
Ketchup
Alat : mixer
Bahan : sugar, salt, vinegar, tomato, union.
Bamboo Rice
Alat : none
Bahan : salt, soy sauce, rice ball, bamboo shoot.
Mushroom Rice
Alat : none
Bahan : salt, soy sauce, rice ball, mushroom.
Truffle Rice
Alat : none
Bahan : salt, soy sauce, rice ball, truffle.
Apple Jam
Alat : pot
Bahan : sugar, apple.
Grape Jam
Alat : pot
Bahan : sugar, grape.
Strawberry Jam
Alat : knife, pot,
Bahan : sugar, strawberry, honey, wine.
Sashimi
Alat : knife
Bahan : knife, medium/large fish.
Sushi
Alat : none
Bahan : vinegar, shasimi, rice ball.
Chirashi Sushi
Alat : knife
Bahan : vinegar, soy sauce, sashimi, scrambled egg, rice ball.
Grilled Fish
Alat : frying pan,
Bahan : salt, soy sauce, medium fish, oil.
Noodles
Alat : knife, pot, rolling pin,
Bahan : flour; tambahan >> egg, bamboo shoot, union, fish.
Curry Noodles
Alat : knife, pot, rolling pin,
Bahan : flour, curry powder.
Fried Noodles
Alat : frying pan,
Bahan : noodles, oil.
Tempura
Alat : frying pan,
Bahan : flour, oil, egg.
Tempura Noodles
Alat : pot
Bahan : noodles, tempura.
Jam Bun
Alat : none
Bahan : sugar, strawberry jam/apple jam/grape jam, bread, honey.
Dinner Roll
Alat : none
Bahan : butter, bread, honey.
Raisin Bread
Alat : none
Bahan : bread, grape.
Baked Sweet Potatoes / Roasted Potatoes
Alat : oven
Bahan : sugar, salt, stone (batu kecil di ladang), butter, sweet potato.
Cheese Fondue
Alat : knife, pot,
Bahan : salt, bread, cheese, wine.
Curry Rice
Alat : knife, pot,
Bahan : sugar, salt, soysauce, curry powder, rice ball, tambahan >> potato, tomato, union, green pepper, spinach.
French Fries
Alat : knife, frying pan,
Bahan : salt, ketchup, oil, potato.
Fried Rice
Alat : knife, frying pan,
Bahan : sugar, salt, soy sauce, oil, rice ball, egg.
Greens / Otashi Greens
Alat : pot
Bahan : soy sauce, spinach.
Happy Eggplant
Alat : frying pan,
Bahan : sugar, soy sauce, miso paste, eggplant.
Miso Soup
Alat : knife, pot
Bahan : misopaste, turnip, cabbage, bamboo shoot, union, eggplant, tambahan >> ikan.
Omelet
Alat : knife, frying pan, whisk
Bahan : salt, soy sauce, milk, egg, oil, potato, corn.
Omelet Rice
Alat : frying pan,
Bahan : salt, milk, egg, oil, rice ball.
Pizza
Alat : rolling pin, oven,
Bahan : salt, ketchup, flour, cheese.
Pickles
Alat : none
Bahan : salt, cucumber.
Pickled Turnips
Alat : knife,
Bahan : salt, vinegar, soy sauce, turnip.
Popcorn
Alat : frying pan,
Bahan : salt, butter, corn.
Pumpkin Pudding
Alat : pot, oven,
Bahan : sugar, milk, egg, pumpkin.
Salad
Alat : knife,
Bahan : salt, vinegar, cucumber, cabbage, tomato, carrot.
Sandwich
Alat : knife,
Bahan : boiled egg, butter, bread, cucumber, tomato.
Scrambled Eggs
Alat : frying pan,
Bahan : salt, oil, egg.
Stew
Alat : knife, pot
Bahan : salt, flour, milk, tambahan >> potato, corn, fish.
Stir Fry
Alat : knife, frying pan,
Bahan : soy sauce, oil, cabbage.
Sweet Potatoes
Alat : pot, oven,
Bahan : sugar, butter, sweet potato, egg.
Veggie Pancake / Savory Pancake
Alat : knife, frying pan,
Bahan : flour, oil, cabbage, egg.
Cookies
Alat : rolling pin, oven,
Bahan : sugar, butter, flour, egg, honey.
Chocolate Cookies
Alat : rolling pin, oven,
Bahan : sugar, butter, flour, egg, honey, chocolate.
Cake
Alat : knife, whisk, oven,
Bahan : sugar, butter, flour, egg, honey.
Chocolate Cake
Alat : knife, whisk, oven,
Bahan : sugar, butter, flour, egg, honey, chocolate.
Cheese Cake
Alat : pot, whisk, oven,
Bahan : sugar, egg, milk, cheese.
Apple Pie
Alat : knife, pot, rolling pin, oven,
Bahan : sugar, butter, flour, egg, apple, honey.
_________________________________________________________
Minuman :
Fruit Juice
Alat : knife, mixer,
Bahan : strawberry, pineapple, apple, grape, honey.
Fruit Latte
Alat : knife, mixer,
Bahan : strawberry, pineapple, apple, grape, honey, milk; ATAU mixer, fruit juice, milk.
Vegetable Juice
Alat : knife, mixer,
Bahan : salt, cucumber, cabbage, carrot.
Vegetable Latte
Alat : knife, mixer,
Bahan : salt, cucumber, cabbage, carrot, milk; ATAU mixer, vegetable juice, milk.
Mixed Juice
Alat : mixer,
Bahan : sugar, salt, strawberry, pineapple, apple, grape, cucumber, cabbage, carrot; ATAU mixer, fruit juice, vegetable juice.
Mixed Latte
Alat : mixer,
Bahan : sugar, salt, strawberry, pineapple, apple, grape, cucumber, cabbage, carrot, milk; ATAU mixer, fruit juice, vegetable juice, milk.
Hot Milk
Alat : pot
Bahan : sugar, milk.
Strawberry Milk
Alat : mixer,
Bahan : sugar, strawberry, milk.
Tomato Juice
Alat : mixer,
Bahan : salt, tomato.
Relaxation Tea
Alat : pot
Bahan : sugar, relaxation tea leaves (dapatkan dari kurcaci), honey.
Ice Cream
Alat : pot, whisk,
Bahan : sugar, egg, milk; tambahan >> strawberry, pineapple, apple, grape, honey.
_________________________________________________________
Resep Tambahan :
Bodigizer XL
Alat : mixer,
Bahan : blue grass, bodigizer.
Turbojolt XL
Alat : mixer,
Bahan : green grass, turbojolt.
Buckwheat Noodles
Alat : knife, pot, rolling pin,
Bahan : buckwheat flour; tambahan >> egg, bamboo shoot, union, fish.
Moon Dumplings
Alat : none
Bahan : sugar, dumpling powder.
Grape Juice
Alat : knife, mixer,
Bahan : sugar, salt, grape, honey.
Pineapple Juice
Alat : knife, mixer,
Bahan : sugar, salt, pineapple, honey.
Tempura Rice
Alat : none
Bahan : sugar, salt, soy sauce, tempura, rice ball.
Toast
Alat : oven,
Bahan : bread.

10.Event para warga 
1.Kuda 
musim pertama,dan tahun pertama,Barley akan datang kerumah mu,dan meminta mu untuk mengurus Kuda yang baru saja lahir di peternakannya,jika kamu setuju untuk merawatnya,Barley akan memintamu untuk memberinya nama,dan kemudian menaruh kuda nya di "Stabel" yg berada di kebun mu. 
Pada Tahun kedua,musim semi,Barley akan melihat kuda mu kembali,jika kamu tidak mengurusnya maka dia akan mengambil kuda mu kembali,dan meninggalkan kebunmu dengan marah2,tapi jika kau merawatnya dengan benar,Barley akan memberikan kuda nya kepada mu,dan kau akan bisa mengendarai kuda mu sepanjang kebun mu. 

2. Kuda 
Pada Tahun kedua di musim Semi, setelah kudamu di bawa kembali oleh barley maka Beberapa hari kemudian,Barley akan kembali kerumahmu,dan meminta mu merawat kuda tersebut lagi,dia berkata bahwa perkebunannya sudah cukup dipenuhi oleh Sapi dan Domba,sehingga susah untuk merawat kuda,dan kemudian kuda nya akan dia berikan ke kamu sepenuh nya 

3. Fishing Rod 
Syarat: harus ada 1 tempat kosong di dalam tas mu. 
Pergilah ke rumah Zack,antara jam 11am-4pm,dia akan menawarkan mu sebuah pancingan yang dulu pernah diberikan oleh temannya yang suka memancing. 

4. Bertemu dengan Kai 
Syarat: Hanya untuk Tahun pertama 
Pada tanggal 30 musim Semi,antara jam 9am-6pm dan saat kamu keluar dari kebun mu ke arah Poultry Farm,kau akan melihat May dan Popuriberbicara dengan Kai,dan kemudian kau akan berkenalan dengan Kai. 

5. Hari Kematian Ibu nya Ann 
Pada setiap tanggal 5 musim Gugur,kamu tidak akan melihat Doug di penginapan diatas jam 5 sore,tapi saat kau pergi ke Puncak Mother's hill,kau akan melihat Doug berdiri di salah satu bagian gunung,dan dia akan bercerita sedikit tentang Ibu nya Ann. 

6. Fall Grape Harvest 
Syarat: Hanya pada tahun pertama. 
Pada tanggal 14 di Musim Gugur,Duke akan datang ke kebun mu dan memintamu untuk membantu nya mengambil hasil panen Anggurnya,jika kamu menerima tawarannya,dia akan meminta mu untuk datang ke rumah nya pada jam 10am,dan dia memintamu untuk mengajak seseorang untuk membantu nya juga. 
Saat kau pergi ke Aja Winery pada tanggal 15 jam 10,Manna akan memintamu untuk membantunya untuk beberapa jam,jika kamu setuju,kau akan memulai pekerjaan mu dengan Duke,saat sudah selesai,kamu akan diberikan makanan dan minuman sebagai tanda terima kasih.. 
Note : Ini adalah Event terpenting jika kamu ingin Cliff tetap berada di Mineral Town,ajak Cliff sebagai partner mu untuk membantu mu di event ini,dan kemudian setelah kalian selesai membantu Duke dan Manna,Cliff akan diminta oleh mereka untuk bekerja di Aja Winery,dan kemudian Cliff akan tetap tinggal disini. 

7. Hadiah untuk Lilia 
Syarat: Tidak ada 
Masuklah kerumah Zack di pagi hari sebelum tanggal 19 dimusim Semi,kemudian Popuri akan datang dan bertanya,apakah barang yang ia pesan sudah datang atau belum,Popuri akan berkata kepadamu bahwa itu adalah hadiah untuk Ibu nya,dan dia akan memintamu untuk merahasiakan hal tersebut,jika kau berkata tidak akan memberitahukan nya ke Lilia,Popuri akan merasa senang 

8. Rahasia Cliff 
Syarat: Tahun pertama. 
Tahun pertama di musim salju,saat kauberjalan ke Rose Square,kau akan melihat Cliff berjalan tersendat sendat di tengah salju,dan kemudian dia jatuh pingsan,saat kau berlari kearah nya,kau akan menemukan foto yang terjatuh,kemudian kau memberitahukan Ann,Carter,dan Doug tentang hal itu,saat itu juga mereka membawa Cliff ke Klinik,dan Doctor berkata bahwa Cliff harus beristirahat (selama 3 hari di rumah sakit) ,jika kamu memberikan foto nya ke Cliff,dia akan memberitahukan mu tentang keluarga nya di Kota. 

9. Gotz bad mood 
Syarat: jangan berteman dengan Gotz 
Saat kamu mengunjungi Gotz,kau akan melihat Gotz yang sedang "bad mood" dan dia tidak mau bekerja untuk perkebunanmu lagi karna dia percaya bahwa kamu kurang menghargai nya.Kau harus menjadi teman yang baik baginya jika kau mau dia kembali bekerja untuk perkebunanmu 

10. Sprite's Tea Party 
Syarat: Berteman baik dengan semua Harvest Sprite (minimal 3 hati) 
Saat musim Semi,jika kau menge-checkmailbox mu,akan ada undangan dari Harvest Sprite,di undangan tersebut,kau diminta untuk hadir ke acara pesta teh mereka,bawa undangan tersebut ke rumah Harvest Sprite (antara 9am-5pm) dan mereka akan memulai pesta teh tersebut,di akhir acara,mereka akan memberikan mu "Relaxation Tea Leaves". 

11. Golden Service time 
Syarat: tidak ada 
Saat kamu datang ke rumah Zack antara jam 11am-4pm ,Won akan menyapamu dan menawarkan barangnya,setelah itu Karen masuk ke rumah Zack,dan Won akan berkomentar betapa cantiknya Karen ,kemudian Won akan meminta mu untuk menyingkir dari hadapannya dan mulai berbicara lagi dengan Karen,dan kemudian berkata bahwa sekarang adalah "Golden service time" dimana orang2 bisa mengambil 1 barang gratis. Setelah Karen pergi,dia berkata kepadamu,bahwa Golden Service time adalah waktu dimana orang2 harus membayar apa saja yang mau mereka beli. 

12. Contest minum 
Syarat: Level hati Karen berwarna Hijau 
Pada hari selasa/minggu dimalam hari (7pm-10pm) saat kalian memasuki Penginapan,kalian akan melihat Karen dan Duke yang berdebat tentang hutang Duke yang sudah menumpuk di Supermarket,akhirnya mereka memutuskan untuk mengadakan kontes minum,siapa yang mabuk duluan ialah yang kalah,mereka memintamu untuk menjadi juri nya,setelah beberapa saat,ternyata Duke lah yang kalah,dan itu berarti dia harus membayar semua hutangnya di Supermarket,dan setelah tu Karen pergi,setelah beberapa saat,Doug memintamu untuk mengantar Duke pulang kerumah nya. 

13. Beach Party 
Syarat: tidak ada 
Kunjungilah Restaurant kai antara 5pm-7pm,kemudian Kai akan bercerita sedikit tentang pengunjung yang sangat sedikit di restaurant nya,kemudian Popuri datang dan berkata bahwa dia mengajak seluruh penduduk kota (bahkan orang2 dari harvest moon a wonderful life pun datang,dan Kappa pun datang) untuk mengadakan pesta di restaurant Kai,kau diminta untuk membantu mereka yang sepertinya akan sangat sibuk,setelah event selesai,kau akan langsung berteleportasi kerumah mu,dan setelah itu tidur. 

14. Kritik kota 
Syarat: tidak ada 
Saat kau datang ke Restaurant Kai antara jam 11am-1pm,kau akan melihat Kai dan Gray yang berbicara tentang opini menu restaurant Kai,menurut Kai,opini Gray sangat membantu,karna Gray termasuk teman Kai yang dulunya berasal dari Kota,dan Gray pun berkata bahwa masakan Kai adalah yang paling enak. 

15. Nasihat untuk Manna 
Syarat: Tidak ada 
Datanglah ke Rose Square antara jam 1pm-4pm,dan kalian akan melihat Manna,Anna,dan Sasha yang sedang berbicara tentang kekhawatiran Manna akan Anak perempuan nya yangpergi dari Mineral Town karna Duke,Anna dan Shasa pun langsung berkata bahwa mereka akan meyakinkan anaknya Manna untuk pulang kerumah. 

16. Kesalahan Dokter 
Syarat: tidak ada 
Saat kamu datang ke Klinik sekitar jam 1pm-4pm di hari Selasa,kau akan melihat bahwa Doctor sedang meminta maaf tentang kesalahannya ke Jeff,saat kau memasuki ruang Doctor untuk mengetahui apa yang terjadi,doctor akan memberitahukanmu tentang kesalahan yang ia buat tentang golongan darah Jeff,kemudian Jeff pergi dan dia berkata bahwa ia akan mengatakan nya ke Shasa. 

17. Percakapan 
Syarat: Tidak ada 
Masuk lah ke Poultry Farm pada hari Selasa jam 11am-1pm dan kau akan melihat Shasa dan Lilia yang sedang meng -gosip tentang Jeff yang selalu bergantung kepada Shasa saat mereka masih kecil. 

18. Rick vs. Kai 
Syarat: Tidak ada 
Pergi lah ke Pantai antara jam 1pm-5pm pada musim panas,dan kau akan melihat Rick mendekati Kai. Rick menyuruh Kai untuk tidak melihat adiknya (popuri) lagi. dan Kai malah berkata bahwa dia sangat kasihan pada Popuri yang mempunyai kakak laki-laki yang over protective . Pertengkaran terus terjadi sampai Rick meninggalkan pantai tersebut. 

19. Lilia sakit 
Syarat: Tidak ada 
Saat di Musim panas,saat kau memasuki Poultry Farm,Lilia akan berkata padamu bahwa dia sakit,sehingga Toko nya terpaksa tutup sementara. Tiba-tiba Rick datang sambil membawa obat di tangannya,dan saat Rick berbicara,Popuri datang dengan obat ditangannya juga. Lilia kemudian berkata bahwa dia sangat senang mempunyai anak yang pengertian. 

20. Makan siang Saibara 
Syarat: Setelah tahun kedua 
Masukilah rumah Ellen saat hujan (dihari Kamis) dan kau akan melihat Saibara berjalan ke arah Ellen. mereka kemudian bercakap-cakap sampai pada akhirnya Saibara menyadari keberadaanmu di ruangan itu. Dia bertanya sudah berapa lama kau ada disana,dan kemudian Stu berkata bahwa kau sudah ada disana untuk beberapa saat. dan kemudian Saibara pun menjadi malu,dan meminta Ellen untuk makan siang,dan Saibara pun langsung pergi tergesa-gesa. 

21. Surat Cinta 
Syarat: Tidak ada 
Jika kamu pergi ke rumah Elli antara jam 9am-1pm ,kau akan menemukan Ellen,Elli,dan Stu yang sedang berbincang-bincang (bahasa kaku). Dan kemudian mereka mulai berbicara padamu. kemudian Elli baru ingat bahwa dia harus mengembalikan buku ke Doctor. Elli mulai mencari buku tersebut,dan tiba-tiba dia menemukan surat cinta diantara buku-buku tersebut yang tertuju pada Ellen. kemudian Ellen mulai membuka surat tersebut,dan dia berkata bahwa itu adalah surat dari suami nya. Setelah beberapa saat,Ellen berkata bahwa dia akan menyimpannya selamanya. 

22. Suara dari langit 
Syarat: berteman baik dengan Carter 
Waktu : Wednesday (Rabu) Cuaca Cerah 4.00 pm - 7.00 pm 
Saat kau memasuki Gereja,kau akan melihat Carter yang sedang terlihat gembira di tempatnya,dia memberitahukan mu bahwa dia mendengar sesuatu dari langit bahwa sesuatu yang bagus akan terjadi padanya. Tiba-tiba Zack datang dan berkata bahwa ada barang yang datang untuk Carter. Kemudian Carter berkata bahwa ternyata suara tersebut benar. 

23. Pintu Belakang 
Syarat: Berteman baik dengan Carter 
Datanglah ke Gereja pada Musim Gugur pada hari Rabu,dan kamu akan melihat bahwa disana tidak ada Carter. dan karaktermu akan berjalan ke Pintu belakang yang biasanya terkunci (pintu sebelah kanan) ,dan kau tiba-tiba akan melihat Carter berbicara tentang "Jamur". Dia berkata padamu bahwa dia suka Jamur,dan dia minta agar kau tidak memberitahukan siapapun tentang hobby nya yang suka mengumpulkan Jamur. Setelah event itu,kau mulai bisa memasuki ruangan tersebut. 

24. Masa lalu Gotz 
Syarat: Berteman baik dengan Gotz 
Datanglah ke rumah Gotz pada hari Senin sekitar jam 10am-1pm. kau akan melihat Gotz sedang mengobrol dengan Harris tentang kedamaian gunung disitu. kemudian,Harris mulai berbicara tentang istri dan anak perempuan Gotz,tiba-tiba Gotz pun menjadi diam.Dan Gotz seketika berbicara bahwa dia akan menjaga kedamaian kota dan gunung tersebut. 

25. Bermain dengan Stu 
Syarat: Berteman dengan Stu. 
Datanglah ke rumah Ellen pada hari Rabu jam 10am-5pm,dan kau akan diberitahu bahwa Stu mempunyai cara untuk mendapatkan energy yang banyak,dan Stu pun mengajak mu untuk bermain dengannya. Jika kau setuju,kau akan keluar dari rumah Ellen pada jam 6pm tanpa energy yang banyak. 

26. Stu Sakit 
Syarat: Tidak ada 
Masuklah kerumah Ellen pada jam 10am-1pm hari rabu. dan kau akan melihat bahwa Stu terserang penyakit panas,Elli memintamu untuk mengantar Stu pergi ke Doctor,saat sudah sampai,Doctor berkata bahwa Stu akan baik baik saja,dan kemudian Elli berterima kasih padamu karna mau menolongnya. 

27. Nasihat untuk Basil 
Syarat: Berteman baik dengan Basil (Finally,from basil's family!) 
Pergi lah ke lantai 2 rumah Basil,dan kau akan menemukan Basil sedang berdiri dekat mejanya,dia berkata kepadamu bahwa seseorang yang menjadi sakit karna kesalah pahaman dari Buku yang Basil ciptakan,dan Basil meminta nasihat mu,apa yang harus dia lakukan. 
katakan padanya bahwa itu bukanlah kesalahannya,dan Basil pun akan menjadi senang. 

28. Menangkap Kappa 
Syarat: Tidak ada 
Jika kau memancing di sungai yang terdapat Gua nya (gua yang bisa kau masuki saat winter) ,kau akan melihat makhluk hijau yang disebut Kappa,dia akan "menari" sebentar dan kemudian menghilang. 

29. Masa lalu Doctor 
Syarat: Tidak ada 
Pada jam 8am-10am pada hari Rabu,pergi lah ke sungai yang terdapat Guanya (gua yang bisa kau masuki saat Winter) ,kau akan melihat Doctor sedang menatap sungai tersebut,dan dia akan bercerita tentang Ayah nya yang seorang Dokter,dan Ibu nya yang seorang suster,dan dia juga bercerita betapa kesepian dirinya saat dia masih kecil. 

30. Meninggalnya binatang ternak 
Syarat: Abaikan binatang ternak mu 
Jika kau tidak peduli tentang binatang ternakmu,mereka akan mati,saat kau bangun,kau akan berteleportasi (berpindah) ke Gereja. Jika yang mati adalah Ayam mu,Rick yang akan ada disana. Jika Sapi/Domba mu yang mati,Barley yang akan berada disana. Keduanya akan memarahimu karna kau tidak mengurus ternak mu dengan baik. 

31. Kematian ternak yang tersayang 
Syarat: memelihara binatang ternak minimal 4 tahun 
Jika ternak mu mati dalam keadaan sehat,Rick/Barley akan berkata padamu,bahwa kau sudah mengurus ternak mu dengan baik. Mereka berkata,bahwa kematian ternak mu disebabkan oleh kecukupan umur sang ternak,mereka tidak akan memarahi mu,tapi malah menghibur mu. 

32. Kaus kaki dari Ellen 
Syarat: Berteman baik dengan Ellen 
Saat musim Winter (lebih tepatnya tanggal 20),bawalah benang berukuran sedang,dan berikan lah ke Ellen (sekitar jam 10am) ,saat kau memberikan benang tersebut,dia akan menawarkanmu untuk menjahitkan sebuah kaus kaki untuk Starry Night Festival,setelah beberapa saat,Ellen berkata bahwa dia akan memberikannya ke Stu untuk di kirim kerumah mu,saat kau sudah sampai di rumah mu,kau akan melihat Kaus Kaki baru yang terpajang di samping rumahmu. 

33. Pengusiran Cliff 
Syarat: Saat Cliff sedang dirawat di rumah sakit (Event #8) 
Saat Cliff sedang di rumah sakit,itu berarti tempat tidur di rumah sakit dipakai oleh Cliff yang sedang koma,itu berarti tidak ada tempat untuk mu untuk beristirahat jika kau pingsan karna kelelahan. Tapi jika kau mencoba hal itu (pingsan karna kelelahan),kau akan berteleportasi ke Klinik (seperti yang biasanya terjadi),dan kau akan melihat Cliff pingsan di tengah2 rumah sakit,dan kemudian Elli mengikatnya dengan tali,dan mulai menyeretnya masuk ke rumah sakit. 

34. Surat untuk Lilia 
Syarat : Berteman baik dengan keluarga Poultry Farm 
Waktu : Summer 8th Friday,11.40 AM 
Saat kau memasuki ruangan Poultry Farm,kau akan melihat Lilia,Rick,dan Popuri yang sedang berkumpul di lantai bawah,saat itu Lilia terlihat sedang dalam Mood yang bagus,karna dia mendapat surat dari Suaminya (Rod). 
Dalam surat itu,dibacakan bahwa: 
"Dear Lilia, How are Popuri and Rick? 
I am fine. I'm writing from a vast desert,where the search for the flower to cure you has lead me. 
I'm confident i'll find it soon,so do not give up hope. Look after the store All my love,Your husband" 

35. Ellen's White Flower 
Syarat: Berteman baik dengan Ellen 
Waktu : Dapat terjadi pada Summer 
Pergi lah kerumah Ellen sekitar jam 1pm - 4pm. Kemudian,Basil akan datang kerumah Ellen,dan Ellen pun menceritakan tentang Bunga yang sangat jarang dan hanya muncul pada Malam hari musim Summer (panas),kemudian,Basil akan memintamu untuk menolongnya membantu mencarikan keberadaan bunga tersebut. 
Untuk mendapatkan bunga itu,datanglah ke Puncak Mother's Hill sekitar jam 9pm - tengah malam,bunga tersebut berada tepaat di puncak Mother's Hill,saat kamu mengambil bunga tersebut,Karakter mu akan ter-automatic kembali kerumah Ellen.

11.Lainnya

Upgrade Tools

Lv.1 Axe - berada di tool box 
Lv.2 Copper Axe - upgrade di blacksmith menggunakan copper ore* (fl. 1 Spring Mine)
Lv.3 Silver Axe - upgrade di blacksmith menggunakan silver ore* (fl. 1 Spring Mine)
Lv.4 Gold Axe - upgrade di blacksmith menggunakan gold ore* (fl. 3+ Spring Mine)
Lv.5 Mystrile Axe - upgrade di blacksmith menggunakan mystrile ore* (fl. 5+ Spring Mine)
Lv.6 Cursed Axe - temukan di lake mine setelah semua peralatan upgrade menjadi mystrile level (fl 49 Spring Mine)
Lv.6 Blessed Axe - setelah menggunakan sebanyak 255 kali (Fishing Rod), menggunakan 10 kali (Hoe, Watering Can), setelah 10 hari (Sickle, Hammer)
Lv.7 Mythic Axe - temukan spring mine (fl. 60) setelah semu tools menjadi blessed


BIBIT TANAMAN

SPRING
Turnip :
harga : 120 G
beli : Supermarket
dijual : @ 60 G (540 G)

Potato :
harga : 150 G
beli : Supermarket
dijual : @ 80 G (72o G)

Cucumber :
harga : 200 G
beli : Supermarket
dijual : @ 60 G (540 G)

Cabbage :
harga : 500 G
beli : Won di rumah Zack
dijual : @ 250 G (2250 G)

Strawberry :
harga : 150 G
beli : Supermarket (setelah menjual 100 cucumber, potato, turnip)
dijual : @ 30 G (120 G)

SUMER
Corn :
harga : 300 G
beli : Supermarket
dijual : @ 100 G (900 G)

Tomato :
harga : 200 G
beli : Supermarket
dijual : @ 60 G (240 G)

Onion :
harga : 150 G
beli : Supermarket
dijual : @ 80 G (320 G)

Pineapple :
harga : 1000 G
beli : Won dirumah Zack
dijual : @ 500 G (4500 G)

Pumpkin :
harga : 500 G
beli : Supermarket (setelah menjual 100 corn, onion, tomato)
dijual : @ 250 G (2250 G)

FALL
Eggplant :
harga : 120 G
beli : Supermarket
dijual : @ 80 G (720 G)

Carrot :
harga : 300 G
beli : Supermarket
dijual : @ 120 G (1080 G)

Sweet Potato :
harga : 300 G
beli : Supermarket
dijual : @ 120 G (1080 G)

Green Pepper :
harga : 150 G
beli : Won dirumah Zack
dijual : @ 40 G (360 G)

Spinach :
harga : 200 G
beli : Supermarket (setelah menjual 100 eggplant, carrot, sweet potato)
dijual : @ 80 G (720 G)



TAMBANG

Spring Mine


Black Grass : semua lantai.
Gold money : semua lantai.
Junk ore : semua lantai.
Cooper ore : semua lantai.
Silver Ore : semua lantai.
Gold Ore : dilantai 3+.
Mystrile Ore : dilantai 5+.
Adamantite : dilantai 10+.
Orichalc : dilantai 10+.
Mythic Stone : dilantai 60 (muncul jika seluruh peralatan telah Blessed)
Power Berry : dilantai 100.
Harvest Goddes Jewel : dilantai 60, 102, 123, 152, 155, 171, 198, 202 & 222.
Resep French Fries : lantai 255.
Teleport Stone : dilantai 255 (ditahun ke 3 dan setelahnya).


Hadiah Permainan Harvest Goodess
Acaranya setiap awal tahun.

Jika memenangkan ... kali:
1: Tidak dapat apa-apa
2: Grass/herb
3 - 9: Noodle Power/Truffle/New year rice cake
10 - 14: Tea leaves
15 - 19: Lotion
20 - 24: Water
25 - 29: Tissue
30 - 39: Perfume
40 - 49: Dress
50 - 59: Golden Log
60 - 69: Fish Fossil(5000 G)
70 - 79: Treasure box(10000 G)
80 - 89: Ketchup recipe
90 - 99: Fried potato recipe
100: Book


Hadiah Rock-Paper-Scissors:

1 win: none
2-9 wins: buckwheat flour / rice cake
10-19 wins: Elli leaves
20-29 wins: Alexandrite
30-39 wins: Pink Diamond
40-49 wins: Mythic Stone
50-59 wins: Unused Item (green disk?)
60-69 wins: Unused Item (violet disk?)
70-79 wins: Unused Item (blue disk?)
80-89 wins: Unused Item (pink disk?)
90-99 wins: Unused Item (brown disk?)
100&up wins: Certificate of Rock-Paper-Scissors Mastery

hanya dapat ikut permainan ini setiap hari sabtu di Vacation House.

Power Berry

-Temukan di Ladang
-Diberi Harvest Godess jika kamu memberinya bunga/buah sebanyak 10 kali
-Memenangkan Balapan Kuda
-Hadiah Poin dalam Balapan Kuda
-Memenangkan Fisbee 
-Memancing Di Pantai menggunakan mythril fishing pole
-Beli di TV shopping network
-Belakang Batu di tengah danau saat salju
-Temukan di Level 19 Lake Mine
-Level 100 di Spring mine



Gem Of Truth

1) Di rumah anjing peliharaan kamu
2) Di tempat minum rumah kuda kamu 
3) Seharga 1000 poin di Horse Races
4) Beli dari Won seharga 50000 G
5) Lampu paling utara antara gereja dengan taman
6) Di perpustakaan lantai 2 dekat tangga
7) Di Town Cottage, Setelah bermain game show tahun Baru
8) Di kalender rumah Mountain Cottage
9) Setelah mendapatkan 8 jewels, ambil yang ke 9 di Kulkas rumah Mayor Thomas



Goddess Gem

Goddess Gem ada di Spring Mine. 
Berada di levels: 60, 102, 123, 152, 155, 171, 190, 202, and 222.



Letak dan Harga Batu Permata
Winter Mine

Moonstone:  55G: Level 1-8
Sand Rose:  60G: Level 1-9
Agate:  62G: Semua level kecuali (50, 100, 150, 200)
Amethyst:  62G: Semua level kecuali (50, 100, 150, 200)
Flourite:  65G: Semua level kecuali (50, 100, 150, 200)
Peridot:  68G: Semua level kecuali (50, 100, 150, 200)
Topaz:  75G: Semua level kecuali (50, 100, 150, 200)
Ruby:  78G: Semua level kecuali (50, 100, 150, 200)
Emerald:  80G: Dibawah level 200
Diamond:  100G: Dibawah level 200
Alexandrite:  10,000G: Level 50, 100, 150, 200, 250 
Pink Diamond:  10,000G: Level 30, 60, 90, 110, 130, 170, 190, dan 255
Power Berry : level 19
Kappa Jewels : level 0, 40, 60, 80, 120, 140, 160, 180, 255
Black Grass : semua level.
Gold Money : semua level.
Cursed Fishing Rod : level 29.
Cursed Hoe : level 39.
Cursed Axe : level 49.
Cursed Hammer : level 59.
Cursed Watering Can : level 69.
Cursed Sickle : level 79.


MEMANCING

Nama Tangkapan | Musim | Lokasi
Pirate Fortune Su 6,7 N/A Sea
Fossil of Fish Fa 6,7 N/A Sea
Power Berry Wi 5 N/A Sea
Message Bottle Sp 5 N/A Sea
Empty Can Sp,Su,Fa,Wi 1,2,3,4,5,6,7 N/A Sea,Lake,HG,Up,Down
Branch Sp,Su,Fa,Wi 1,2,3,4,5,6,7 N/A Sea,Lake,HG,Up,Down
Fish Bones Sp,Su,Fa,Wi 1,2,3,4,5,6,7 N/A Sea,Lake,HG,Up,Down
Boots Sp,Su,Fa,Wi 1,2,3,4,5,6,7 N/A Sea,Lake,HG,Up,Down

Rock Trout Sp Wi 3 sm,Me Sea
Scad Sp,Su,Fa 3 sm,Me Sea
Fatminnow Sp,Su,Fa,Wi 1 sm Lake Up
Cherry Salmon Sp,Su,Fa 1 sm,Me Lake Up
Pigfish Sp,Su 3 sm,Me Sea
Sardine Sp,Su,Fa,Wi 1 sm,Me Sea
Mountain Trout Sp,Su,Fa 4 sm,Me,LA Up
Whitefish Sp,Su,Fa,Wi 2 sm,Me HG Down
Eel Su,Fa 5 LA Down
Bitterling Sp,Su,Fa,Wi 1 sm Down
Bonito Sp,Su,Fa 5 LA Sea
Fluke Sp, Fa,Wi 4 Me,LA Sea
Filefish Sp, Wi 2 sm,Me Sea
Golden Carp Sp,Su,Fa 1 sm HG Down
Silver Carp Sp,Su,Fa 2 sm,Me HG Down
Kelp Bass Sp, Fa,Wi 4 LA Sea
Bighead Sp,Su,Fa,Wi 5 LA Down
Salmon Su,Fa 4 Me,LA Down
Mackerel Sp, Fa,Wi 4 Me,LA Sea
Needlefish Sp 3 sm,Me Sea
Sp. Mackerel Sp, Wi 5 LA Sea
Saury Pike Fa 3 sm,Me Sea
Dorado Sp,Su,Fa 5 LA Sea
Red Snaper Sp,Su,Fa 5 LA Sea
Cod Sp, Wi 4 Me,LA Sea
Roach Sp Fa 1 sm Down
Brown Hakeling Sp,Su Wi 1 sm,Me Down
Rainbow Trout Sp,Su,Fa,Wi 5 LA Lake Up
Herring Sp,Su Wi 1 sm,Me Sea
Silver Carp Sp,Su,Fa,Wi 5 LA Down
Sandfish Sp Wi 1 sm Sea
Flounder Sp,Su,Fa,Wi 5 LA Sea
Blowfish Sp, Wi 4 Me,LA Sea
Black Bass Sp,Su,Fa 4 Me,LA Lake,HG,Up,Down
Yellowtail Sp,Su Wi 5 LA Sea
Bluegill Sp,Su,Fa 1 sm,Me Lake,HG,Up,Down
Crucian Carp Sp,Su,Fa,Wi 4 Me,LA Lake,HG
Greenling Sp Wi 3 sm,Me Sea
Tuna Sp,Su,Fa,Wi 5 LA Sea
Ocean Sunfish Sp,Su,Fa 5 LA Sea
Lionfish Sp,Su,Fa,Wi 2 sm,Me Sea
Rockfish Sp Fa 2 sm,Me Sea
L. Salmon Sp Fa 2 sm,Me Up
Snakehead Su,Fa 5 Me,LA HG Down
Lake smelt Sp Wi 1 sm HG Down

Jp. Huchen Sp,Su,Fa 6,7 King Downstream
Monkfish Sp Wi 6,7 King Sea
Catfish Wi 6,7 King Hot Springs
Carp Sp,Su,Fa 6,7 King Lake
Coelacanth Wi 6,7 King Winter Mine
Squid Sp,Su,Fa 6,7 King Sea



Renovasi Rumah

Lumber : @ 50 G
Golden Lumber : 100.000 G (setelah mempunyai 999 Lumber)
Upgrade rumah 1 : 3000 G 200 Lumber
Upgrade rumah 2 : 10.000 G 700 Lumber (muncul setelah upgrade pertama)
Chicken Coop : 5000 G 420 Lumber
Barn : 6800 G 500 Lumber
Vacation house : 100.000.000 G 999 Lumber
Bath : 30.000 G 580 Lumber
windows : 25.000 G 300 Lumber
Dog house : 20.000 G 500 Lumber
Mail box : 10.000 200 Lumber

Perabotan Rumah yang dapat dibeli melalui TV Network

Rumah Sebelum diUpgrade
Mirror : 1000 G
Clock : 2000 G

Upgrade rumah pertama
Cabinet : 2500 G
Refrigerator : 2500 G

Upgrade rumah kedua
Kitchen : 4000 G
Seasonings set : 2500 G
Knives : 1500 G
Frying pan : 1200 G
Pot : 1000 G
Mixer : 1200 G
Whisk : 500 G
Rolling pin : 750 G
Oven : 2500 G
Carpet : 5000 G
Big bed : 10.000 G
Power berry : 10.000 G



Hasil ternak

Chicken :
Regular Quality Egg : 0 - 4 hati harga 50 G
Good Quality Egg : 4 - 8 hati harga 60 G
High Quality Egg : 8 - 10 hati harga 80 G
Golden Quality Egg : menang chicken festival harga 150 G
P Egg : menang chicken festival dan diluar selama 600 jam harga 180 G
X Egg : sekali dalam 255 produksi setelah P Egg harga 350 G
Spa Boiled Egg : lempar di Hot Spring harga 80 G
Mayonnaise (S) : letakan Regular Quality Egg dipembuat Mayonnaise harga 100 G
Mayonnaise (M) : letakan Good Quality Egg dipembuat Mayonnaise harga 150 G
Mayonnaise (L) : letakan High Quality Egg dipembuat Mayonnaise harga 200 G
Mayonnaise (G) : letakan Golden Egg dipembuat Mayonnaise harga 300 G
Mayonnaise (P) : letakan P Egg dipembuat Mayonnaise harga 450 G
Mayonnaise (X) : letakan X Egg dipembuat Mayonnaise harga 800 G

Cow
Milk (S) : 0 - 4 hati harga 100 G
Milk (M) : 4 - 8 hati harga 150 G
Milk (L) : 8 - 10 hati harga 200 G
Milk (G) : menang cow festival harga 300 G
Milk (P) : menang cow festival dan diluar selama 600 jam harga 500 G
Milk (X) : sekali dalam 255 produksi setelah P Milk harga 800 G
Cheese (S) : letakan Milk (S) di pembuat Cheese harga 300 G
Cheese (M) : letakan Milk (M) di pembuat Cheese harga 400 G
Cheese (L) : letakan Milk (L) di pembuat Cheese harga 500 G
Cheese (G) : letakan Milk (G) di pembuat Cheese harga 600 G
Cheese (P) : letakan Milk (P) di pembuat Cheese harga 720 G
Cheese (X) : letakan Milk (X) di pembuat Cheese harga 1500 G

Sheep
Wool (S) : 0 - 4 hati harga 100 G
Wool (M) : 4 - 8 hati harga 400 G
Wool (L) : 8 - 10 hati harga 500 G
Wool (G) : menang sheep festival harga 600 G
Wool (P) : menang sheep festival dan diluar selama 600 jam harga 1000 G
Wool (X) : sekali dalam 255 produksi setelah P Wool harga 2000 G
Yarn (S) : letakan Wool (S) dipembuat Yarn harga 300 G
Yarn (M) : letakan Wool (M) dipembuat Yarn harga 700 G
Yarn (L) : letakan Wool (L) dipembuat Yarn harga 800 G
Yarn (G) : letakan Wool (G) dipembuat Yarn harga 1000 G
Yarn (P) : letakan Wool (P) dipembuat Yarn harga 1500 G
Yarn (X) : letakan Wool (X) dipembuat Yarn harga 4000 G


SOURCE : pramunpipin4ev , harvestmoonologiindonesia , gogreenguild , what-earth , wharvest . 

2 komentar:

  1. Blog paling lengkap terima kasih sangat membantu

    BalasHapus
  2. gg gg gg gg dimanapun pembuat blog ini saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus