Senin, 31 Oktober 2016

Tentang HARVEST MOON A WONDERFUL LIFE

Image result for harvest moon a wonderful life


Harvest Moon : A Wonderful Life adalah sebuah video-game yang diciptakan untuk konsol Nintendo Gamecube yang dirilis pada 16 Maret2004. Permainan ini dikembangkan oleh Marvelous Interactive Inc. dan dirilis oleh Natsume. Permainan ini merupakan salah satu seri video game Harvest Moon.

Jalan Cerita (menuju Mineral town)


The Beginning[sunting | sunting sumber]

Chapter/bagian ini berlangsung 1 tahun. Pemain akan bangun pukul 05:00. Pemain bisa memberi makan sapi dan memerah susunya. Lalu pemain bisa pergi membeli benih. Benih ini dijual di perkebunan milik Vesta. Di bagian permulaan ini pemain harus mengumpulkan uang, menjalin persahabatan dengan para penduduk desa, lalu juga mencari seorang pasangan. Desa tersebut akan didatangi oleh seorang saudagar dari kota bernama Van tiap tanggal 3 dan 8 tiap bulannya. Lalu pemain juga akan mendapat seekor kuda di musim panas. Warna kuda tergantung kerja kerasnya:
kuda hitam:kurang kerja keras. kuda kuning:kerja keras. kuda putih:sangat kerja keras
Di permainan ini tidak diperbolehkan keluar kota (di dekat penjualan Vesta), bisa game over.

Happy Birthday (A Birth)

Bagian ini berlangsung selama 2 tahun. Di bagian kedua ini kamu akan mendapatkan seorang anak laki-laki, atau perempuan jika kamu ke rumah kurcaci lalu bicara terus dengan pot sampai dia bilang 'you win' lalu bicara dengan kurcaci lalu dia menanyakan mau daughter(anak perempuan)atau son(anak laki-laki) tapi percuma anda mencoba jika memilih laki-laki karena jika tidak mencoba cara ini otomatis anak anda laki-laki. Cara ini harus dilakukan sebelum menikah. Anak ini kepribadiannya tergantung dari wanita yang kamu nikahi.
Kamu akan mendapat tambahan ruangan, sebuah dapur, sebuah ruang makan, sebuah kulkas, dan 2 buah kamar mandi. Kamu juga akan mendapatkan seekor kucing hitam dari Romana ketika Fall. Situs penggalian akan bertambah besar.
Grant, Samantha, dan Kate akan datang ke desamu dan akan menempati sebuah rumah di antara rumah Wally dan rumah Galen (yang lama). Galen pindah dari rumahnya, ia pindah ke sebuah ukit dekat perkebunan Vesta. Nina meninggal dan dimakamkan dekat situ. Van juga menjual mainan untuk anakmu, dan ia juga akan menjual kambing yang hanya dijual pada Spring saja. Harga kambing 4000 G.
Di bagian ini, kamu juga akan menjumpai Tartan, yaitu sebuah tanaman yang bisa berbicara dan membuat bibit jenis baru dengan memasukkan 2 bibit yang berbeda kedalamnya, pada tahun ke dua. Sepasang bebek juga akan datang ke rumahmu apabila kamu sudah membuat kolam pada tahun lalu, bebek akan datang ketika Summer.

Happy Harvesting

Bagian ini berlangsung selama 3 tahun. Anak anda sudah tumbuh lebih besar dan sekarang dapat diberi hadiah. Rumah anda diperluas kembali. Hugh sudah menjadi seorang remaja, pakaian dan skiapnya berubah. Lumina juga sudah menjadi seorang dewasa, pakaian dan nada ketika bermain pianonya berubah. Anda dapat membeli boneka Daachan dari Van. Situs penggalian bertambah luas.

Happy Farm Life

Berlangsung 2 tahun. Di bagian ini, anakmu telah menginjak remaja. Dia tidak mau lagi bermain denganmu dan lebih independen. Kamu telah bertambah tua, sama juga seperti beberapa penduduk desa lainnya. Hugh dan Kate sudah dewasa. Pakaian dan sikap mereka berubah. Situs penggalian menjadi lebih luas dari yang sebelumnya. Anda dan istri anda bertambah umurnya.

The Journeying Chapter (To The Journey)

Berlangsung 1 tahun. Anak anda sudah dewasa, tindakannya persis seperti ayahnya dari tahun satu, seperti bercocok tanam, mencari pasangan, dan lainnya. Karier sang anak tidak dapat diubah lagi. Situs penggalian menjadi sangat luas, banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari sini.

The Twilight

Berlangsung 1 tahun. Anda dan istri anda menjadi lebih tua dari yang sebelumnya. Sama seperti penduduk lain, bahkan beberapa sudah meninggal. Sang anak telah menetapkan karier yang dijalaninya. Dan permainan berakhir dengan kematian sang karakter.

Heaven Chapter

Chapter/bagian ini hanya dapat dimainkan di Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition (PS2). Dimana sang karakter dapat memilih chapter yang diinginkan, dan sang karakter akan kembali ke chapter tersebut bersama hewan dan tanamannya (juga dengan istri dan anak jika memilih chapter 2 atau selanjutnya).


Karakter Pada Harvest Moon a Wonderful Life




Kamu
Pulang dari kota, kamu langsung pergi ke kampung halamanmu Forget-Me-Not-Valley. Sebelumnya, kamu akan ditawari Takakura untuk meneruskan kebun yang diwariskan oleh ayahmu, karena Takakura sudah terlalu tua untuk merawat kebun itu sendirian. Katakan "Yes" dan dia akan senang sekali dan akan mengajakmu berkeliling desa.






Muffy
  • Ciri-Ciri : Gadis berambut pirang dan selalu berpakaian gaun merah layaknya orang kota. Muffy semula bekerja di kota sebagai sekretaris, ia semula kurang menyukai kehidupan di desa tapi kamu bisa mengubahnya. Jika kamu menyukai gadis kota maka Muffy adalah pilihan yang tepat.
  • Tempat Tinggal : Kamar di Blue Bar
  • Pekerjaan : Pelayan di Blue Bar
  • Kesukaan : Flowers, Crystals, Shiny Coins, Moon Ores
  • Diary : Periksa Vas Bunga di pojok Blue Bar
  • Jadwal : pk 09.00 AM-12.00 AM berada di kamarnya, pk 12.00 PM ­ 03.00 PM bekerja di Blue Bar, pk 03.00 PM ­ pk 05.00 PM di dapur Inner Inn, pk 05.00 PM ­ pk 06.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Blue Bar, pk 06.00 PM-pk 08.00 PM di kamarnya, pk 08.00 PM ­ pk 10.00 PM bekerja di Blue Bar.
  • Jadwal tanggal 3 & 8 : Pk 10.00 AM ­ pk 11.00 AM di kamarnya, pk 11.00 AM ­ pk 04.00 PM bekerja di Bar, pk 04.00 PM ­ pk 04.30 PM berjalan ke Inner Inn, dan seterusnya sama.
  • Trik Cepat mendapatkan Muffy : Gadis yang sangat mudah didekati walaupun ia pernah patah hati. Cukup berikan bunga setiap hari saat ia berada di kamarnya ataupun di Bar. Event dengan Muffy sangat banyak jadi jawablah pertanyaan saat event dengan bijak maka hatinya cepat berubah. Saat kamu ke kamarnya dan ia menanyakan apakah kamu menemuinya atau Griffin, pilih opsi pertama.  


Celia
  • Ciri-Ciri : Berambut coklat dan memakai bandana kain pada kepalanya, berpakaian layaknya penduduk desa dengan pakaian berwarna hijau. Celia adalah gadis yang manis yang sedikit manja serta menyukai alam. Celia paling mudah ditemui dibandingkan gadis lainnya.
  • Tempat Tinggal : Rumah di Vesta’s Farm
  • Pekerjaan : Penjual Bibit Tanaman di Vesta’s Farm
  • Kesukaan : Flowers (Bunga), Sayuran apa saja, Egg, Crystals, Coin yang bersinar seperti Silver Coin, Moon Ores.
  • Diary : Lantai 2 Rumahnya di tempat tidur, naik melalui tangga putar
  • Jadwal : pk 08.00 AM ­ pk 03.00 PM di rumahnya berjualan bibitpk 03.00 PM ­ pk 05.30 PM berada di pekarangan rumah Vesta’s Farm, pk 05.30 PM ­ malam hari berada di dalam rumah.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : Pagi hari jam 8.00 AM ­ 12.00 AM masih berada di rumah, pk 12.00 AM ­ pk 02.00 PM berjalan dari Vesta’s Farm ke Villa, pk 02.00 PM ­ pk 06.00 PM berada di halaman Villa, pk 06.00 PM ­ pk 08.00 PM berjalan dari Villa ke Vesta’s Farm.
  • Trik Cepat mendapatkan Celia : Selalu membeli bibit melalui dirinya pada pagi hari, lebih baik tiap hari beli pupuk/fertilizer seharga 40G padanya dan berikan selalu Flowers apa saja maka ia menyukainya. Jika ada event dengan Celia, jawablah pertanyaannya dengan bijak.  

 Lumina 
  • Ciri-Ciri : Gadis kecil berambut coklat yang berbaju putih ini sering bermain piano. Ia tidak pergi jauh, hanya di sekitar rumahnya saja. Lumina merupakan gadis yang sulit didekati tapi hanya modal bunga saja lama kelamaan kamu bisa memikat hatinya.
  • Tempat Tinggal : Villa lantai 2
  • Pekerjaan : Tidak Bekerja
  • Kesukaan : Flowers, Fried Sweet Potato, Strawberry Cake
  • Diary : Di atas meja kamarnya dekat 2 boneka kelinci
  • Jadwal : Pk 09.00 AM ­ 09.30 AM di kamarnya lantai 2, pk 09.30 AM ­ 12.00 PM bermain piano di Villa, pk 02.00 PM ­ pk 04.00 PM berjalan dari Villa ke rumah Fireworks Maker, pk 04.00 PM ­ pk 06.00 PM di hala-man Fireworks Maker, pk 06.00 PM ­ pk 07.00 PM di halaman Villa, pk 7.00 PM pk 08.00 PM menemui Romana tapi kamu tidak bisa mene-muinya, pk 08.00 PM ­ pk 09.00 PM berjalan menuju kamarnya, pk 09.00 PM-pk 10.00 PM ada di kamarnya, tidur pk 10.00 PM.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : pk 10.00 AM ­ 04.00 PM berada di halaman Villa, pk 04.00 PM ­ 05.30 PM berjalan dari Villa ke tempat Van (samping Inner Inn), pk 05.30 PM ­ pk 06.40 PM di tempat Van, pk 06.40 PM ­ pk 08.00 PM berjalan dari tempat Van ke Villa, pk 09.00 PM ­ pk 10.00 PM di kamarnya.
  • Trik Cepat mendapatkan Lumina : Awalnya saat hatinya masih hijau sangat sulit membuat hatinya merah tapi kamu bisa membuat hatinya cepat merah dengan mengunjungi Lumina di Villa saat ia berlatih piano pada pagi hari antara jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Bicara dengannya saat ia bermain piano maka ia senang kamu mengunjunginya. Setelah itu berikan selalu Flowers padanya, lebih baik saat ia berada di kamarnya maka hatinya cepat berubah. Menjawab pertanyaan dengan bijak saat event dengannya juga membantu.
  • Saat Melamar Lumina : Berikan Blue Feather saat Lumina berada di kamarnya maka ada event Lumina menunjukkan bulu biru ini pada Romana. Kemudian Romana menanyakan padamu apakah bisa membahagiakan Lumina. Jawaban ” Leave it to me!” saja maka Romana akan mengajari Lumina bagaimana menjadi istri yang baik terlebih dahulu.  

 Nami 

  • Ciri-Ciri : Gadis yang Tomboy alias bersifat seperti laki-laki ini memakai kemeja berkotak dan celana pendek. Nami bersifat sangat dingin bahkan saat kamu memberinya hadiah-pun ia bersikap dingin padamu. Ia tidak bermaksud lama tinggal di desa tapi mungkin kamu bisa mengubah pendiriannya.
  • Tempat Tinggal : Lantai 2 kamar di kiri tangga Inner Inn
  • Pekerjaan : Tidak Bekerja
  • Kesukaan : Clay Statues, Fossils, Blue Trick Flowers, Curry
  • Diary : Buku biru di atas meja kamarnya
  • Jadwal : Pk 09.00 AM ­ 09.30 AM berada di kamarnya, pk 09.30 AM ­ pk 12.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Spring, pk 12.00 PM ­ 05.00 PM berada di Spring, pk 05.00 PM ­06.40 PM berjalan dari Spring ke Blue Bar, pk 06.40 PM ­ 09.00 PM berada di dalam Blue Bar, pk 09.00 PM ­ 10.00 AM berjalan dari Blue Bar ke ladang belakang Blue Bar, pk 10.00 PM ­ 10.20 PM berada di ladang, pk 10.20 PM ­ pk 11.00 PM berjalan dari ladang ke Turtle Swamp, pk 11.00 PM ­ pk 11.30 PM di Turtle Swamp, pk 11.30 PM ­ pk 12.30 pulang perjalanan ke Inner Inn (kadang pk 10.00 PM ­ pk 12.00 PM berada di pekarangan rumah Cody ­Artist’s House).
  • Catatan : Jika ia bung kamar pk 10.00 AM maka jadwal mirip seperti tanggal 3 dan 8, biasanya pada hari turun salju di musim Winter.
  • ............................................................

    anak - anak




Setiap istri yang kita nikahi di Harvest Moon A Wonderful Life Special Editions memang berbeda, begitu pula anak yang mereka lahirkan. Anak emiliki bakat, kemampuan genetik, kesukaan, dan sifat yang berebda-beda. Bakat dan kesukaan dapat kita ubah, tetapi sifat tidak bisa dibawah ini saya akan memberitahu sifat dan karakter setiap anak 

Anak muffy 


  • Sifat : Periang dan senang berada di luar rumah
  • Pakaian : Warna merah dan biru
  • Rambut : Blonde (pirang)
  • Warna Mata : Hijau
  • Anak Muffy ini mewarisi sifat ibunya dan agak sedikit nakal tapi secara keseluruhan ia merupakan anak yang suka berada di dekat hewan ternak dan suka berada di luar rumah. Menurut saya anak Muffy paling mudah diurus jika kamu tidak mau repot pilih Muffy saja jadi istrimu. 
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals/Binatang – Sangat tinggi – Sedang
  • Artist/Seniman – Sangat rendah – Rendah
  • Athlete/Atlit – Sangat tinggi – Sangat tinggi
  • Music/Musik – Tinggi – Sangat tinggi
  • Plants/Tanaman – Sangat rendah – Sangat rendah
  • Scholar/Sarjana – Sangat rendah – Sangat rendah   
Anak Celia


  • Sifat : Menyukai alam, sedikit pemalu, dan suka berada di luar rumah
  • Pakaian : Semuanya berwarna hijau dari baju hingga topi
  • Rambut : Coklat
  • Warna Mata : Hijau
  • Anak Celia merupakan pilihan tepat jika kamu tidak mau repot-repot membawanya mengunjungi penduduk desa. Cukup tunjukkan hasil panen dan tanaman maka ia menyenanginya, sama halnya dengan ibunya maka anak Celia juga manis dan lucu.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Tinggi – Sangat tinggi
  • Artist – Rendah – Tinggi
  • Athlete – Rendah – Rendah
  • Music – Rendah – Rendah
  • Plants – Sangat tinggi – Sangat tinggi
  • Scholar – Sangat rendah – Rendah 
Anak  Nami
  • Sifat : Pendiam, Cool, dan pintar
  • Pakaian : Semuanya berwarna biru
  • Rambut : Merah
  • Warna Mata : Biru
  • Anak Nami menurut saya merupakan anak yang sukar dilatih maupun dikembangkan minatnya. Satu-satunya yang menarik minatnya adalah menjadi Seniman/Artist. Sifatnya pendiam dan kamu perlu kesabaran mengembangkan minatnya.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Sangat Rendah – Tinggi
  • Artist – Sangat Tinggi – Sangat Tinggi
  • Athlete – Sangat Rendah – Sangat Rendah
  • Music – Rendah – Tinggi
  • Plants – Tinggi – Tinggi
  • Scholar – Rendah – Sangat Tinggi
Anak lumina
Anda bisa mendapatkan anak perempuan dari Lumina di game ini.Caranya di year 1, kunjungilah rumah Harvest Spirit dengan cara memakan jamur berwarna merah yang ada disitu (ada 2). Jalanlah menuju 3 pot yang ada disitu. Klik pot itu sebanyak 100X, dan Mr Pot akan bilang "You Win". Bicaralah ke salah satu Harvest Spirit dan ia akan bertanya apakah kamu ingin "son (anak laki2)" atau "daughter (anak perempuan)". Pilih daughter dan di year 2 anak kamu adalah anak perempuan.
  
  • Sifat : Manja, suka bermain dan lebih suka berdiam di dalam rumah
  • Pakaian : Semuanya berwarna coklat kecuali baju berwarna krem tua.
  • Rambut : Coklat Pirang
  • Warna Mata : Coklat
  • Anak Lumina ini lebih suka berada dalam rumah, jika kamu meninggalkannya di luar rumah maka ia akan kembali sendiri ke rumah. Selain itu ia juga suka meminta digendong dan melakukan toss tapi tidak suka mandi, kadang suka membantah tidak mau tidur saat Lumina menyuruhnya tidur. Ia lebih sering terlihat mendekati alat pemutar piringan hitam musik dan di dapur.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Rendah – Rendah
  • Artist – Sangat Rendah – Rendah
  • Athlete – Rendah – Rendah
  • Music – Sangat Tinggi – Sangat Tinggi
  • Plants – Tinggi – Rendah
  • Scholar – Sangat Tinggi – Tinggi   



Takakura
Takakura adalah teman lama ayahmu. Dahulu ketika Takakura dan ayahmu berkelana, mereka tak sengaja menemukan Forget-Me-Not-Valley. Karena tempat itu sangat indah, mereka akhirnya menetap disana dan mendirikan sebuah kebun. Tetapi itu tak bertahan lama karena ayahmu akhirnya meninggal. Namun, Takakura tetap setia untuk merawat kebun tersebut. Takakura akan memberimu informasi penting tentang bercocok tanam, beternak, dan lain-lain. Dia juga akan membantumu menjual hasil ternak maupun memesan barang-barang yang kamu butuhkan di kota.
Kesukaan: Masakan rumah
Hadiah: Tartan



Vesta
Vesta adalah pemilik kebun di sebelah peternakanmu dan bersaudara dengan Marlin. Ia tinggal bersama dengan Lumina dan Marlin. Ia tampak tidak begitu ramah, tetapi sebenarnya ia baik hati dan suka menolong.
Kesukaan: Bunga, susu, sayur-sayuran, buah-buahan, dan Curry Dish
Hadiah: Resep masakan dan Weird Hoe



Marlin
Marlin adalah saudara Vesta. Sejak pertama kali bertemu denganmu dia akan bersikap sinis, terutama jika kamu mulai mendekati Lumina. Karena sepertinya, ia naksir berat sama Lumina. Tetapi, jika kamu berteman dengannya, mungkin ia akan bersikap baik padamu.
Kesukaan: Sayur-sayuran dan masakan rumah
Hadiah: Butterfly Record, Veggie Juice (Gamecube), dan Rakun (Gamecube)




Tim
Tim adalah pemilik dari penginapan Inner Inn. Dia memiliki istri Ruby dan anaknya Rock. Dahulu ia berkeliling dunia bersama istrinya, dan akhirnya memutuskan tinggal di Forget-Me-Not-Valley.  Jika kamu berteman dengannya, mungkin ia akan menceritakan  pengalamnnya sewaktu melancong dulu.
Kesukaan: Ikan dan sayur-sayuran
Hadiah: Strange Hoe



Ruby
Ruby adalah istri dari Tim. Ia adalah seorang ibu yang lembut dan ramah. Sehari-hari ia memasak di dapur Inner Inn. Ia sangat ahli dalam memasak dan mampu menciptakan bumbu spesial.
Kesukaan: Bunga, susu, mentega, ore, masakan rumah
Hadiah: Resep makanan dan Ruby's Spices




Rock
Rock adalah anak dari Tim dan Rock. Ia tinggal di kamar atas Inner Inn. Ia orang yang aktif karena sering menghabiskan waktunya keluar rumah. Kadang-kadang, ia akan menantang penduduk desa untuk lomba minum susu, terutama padamu.
Kesukaan: Bunga, jamur, koin, susu, dan keju
Hadiah: Flowerbud Fall Record




Griffin
Griffin adalah pemilik dari Blue Bar. Hampir setiap hari,ia hanya menghabiskan waktunya bekerja di Blue Bar. Ia juga suka sekali bermain gitar seperti Gustafa. Jika kamu berteman dengannya, mungkin ia akan memberimu piringan hitam yang bisa kau mainkan.
Kesukaan: Bunga, koin, telur, dan ikan
Hadiah: Marine Jazz Record



Galen
Galen adalah orang tua yang tinggal di tengah desa bersama istrinya, Nina. Sehari-hari ia hanya berjalan-jalan tidak jauh di sekitar desa. Di tahun kedua setelah Nina meninggal, ia akan pindah ke bukit kecil di sebelah kebun milik Vesta. Dan pada saat itu, ia akan menjadi orang yang putus asa dan temperamental pada siapapun. Tetapi, ia akan kembali ceria di tahun ketiga, karena sudah melupakan kesedihannya itu.
Kesukaan: Ikan, sayur-sayuran, dan buah-buahan (jangan memberikan apapun pada tahun kedua)
Hadiah: Fishing Pole




Nina
Nina adalah suami dari Galen. Ia sangat ramah dan mudah bergaul dengan siapun. Sayangnya, karakter ini tidak bertahan lama, karena ia akan meninggal di tahun kedua. Ia juga cukup pintar dalam hal  memasak.
Kesukaan: Bunga
Hadiah: Resep masakan



Wally
Wally adalah mantan pelari marathon. Ia akan mudah ditemui terutama ketika berlari-lari disekitar desa. Istrinya Chris dan anaknya Hugh. Ia adalah orang yang penuh semangat dan pantang menyeerah.
Kesukaan: Telur, susu, ikan, dan koin
Hadiah: Wool Clipers dan medal



Chris
Chris adalah istri dari Wally dan orang tua Hugh. Sehari-hari, ia bekerja di luar kota dan pulang pada sore hari. Ia juga merupakan sosok yang periang dan akrab dengan siapapun.
Kesukaan: Bunga, susu, dan buah-buahan
Hadiah: The Bride Record






Hugh
Hugh adalah anak dari Wally dan Chris. Seiring dengan berjalannya waktu, ia akan tumbuh semakin tua dan akan seperti ayahnya yang bersemangat. Tetapi, kadang-kadang ia sedikit cengeng ketika kamu menemukannya menangis sendirian di tengah desa.
Kesukaan: Susu, koin
Hadiah: Record (masih misteri)




Romana
Romana adalah wanita tua yang tinggal di villa mewah di ujung desa. Ia juga merupakan nenek Lumina. Ia sangat kaya, tetapi dermawan dan baik hati. Jadi, tak heran jika kamu akan diberi hadiah yang bermacam-macam olehnya.
Kesukaan: Bunga, koin, susu, dan buah-buahan
Hadiah: Watering Can W, Musik Sheet (jika kamu menikah dengan Lumina) dan seekor kucing



Sebastian
Sebastian adalah pembantu setia Romana dan Lumina. Ia sangat baik dan ramah, bahkan dengan orang yang baru dia kenal sepertimu. Ia juga merupakan koki yang handal, dan mungkin ia akan menunjukkan masakannya padamu.
Kesukaan: Koin, Horse Statue, fossil, Human Statue, dan makanan
Hadiah: Town Spirit


Daryl
Daryl adalah ilmuan aneh yang tinggal di rumah eksperimentalnya di dekat Blue Bar. Ia memilih tinggal di Forget-Me-Not-Valley agar dapat berkonsentrasi dengan kegiatannya. Setiap hari, ia hanya bekerja melakukan percobaannya, bahkan sampai mengabaikan waktu tidurnya. Jika sudah terlalu lelah, ia akan berjalan-jalan di sekitar desa untuk menghilangkan kepenatan.
Kesukaan: Ikan, telur, keju, koin, dan fossil
Hadiah: Seed Maker



Gustafa
Gustafa adalah pujangga yang tinggal di pondok kecilnya dekat dengan pantai. Kehidupannya sangat santai dan bebas. Ia benar-benar ahli dalam bermain musik, terutama gitar. Ia juga ramah dan terbuka terhadap sesama.
Kesukaan: Bunga, koin, patung, permata, dan masakan
Hadiah: Tumtum


Carter
Carter merupahan arkeolog yang bertanggung jawab atas situs penggalian di dekat air terjun. Ia tinggal di sebuah tenda kecil bersama dengan Flora, asistennya. Jika ingin menambang, kamu harus bicara dengannya, kemudian mulai menambang. Tujuannya hanyalah mencari tablet-tablet aneh yang tersembunyi di tambang itu.
Kesukaan: Susu, keju, ikan, buah-buahan, dan sayur-sayuran
Hadiah: Chihuahua (Gamecube)



Flora
Flora adalah asisten kepercayaan Carter. Ia cantik, tetapi sepertinya kehidupannya agak suram dan membosankan. Setiap hari, ia bekerja membantu Carter menemukan tablet yang dicarinya.
Kesukaan: Ikan, keju, mentega, fossil, dan patung
Haidah: Necklace



Cody
Pada awal bertemu, kamu akan melihatnya tampak seperti orang yang jahat dan tidak ramah. Padahal, jika kamu berteman dengannya, maka ia akan meunjukkan sisi baiknya padamu. Ia merupakan seniman yang cukup handal. Ia tinggal di pojok desa pada sebuah karavan yang terbuat dari logam. Ia sering terlihat berpikir di sekitar rawa dan pantai untuk mencari inspirasi.
Kesukaan: Bunga, telur, fossil. dan ore
Hadiah: Strange Sickle, Piece of Art, dan kura-kura (Gamecube)




Kassey
Kassey merupakan kembaran dari Patrick. Setiap hari, ia bekerja dengan Patrick membuat kembang api. Kassey juga suka apapun yang bewarna biru. Diam-diam, ia menyukai Muffy.
Kesukaan: Bunga, ikan, ore, dan susu
Hadiah: 64 Memories Record





Patrick
Patrick adalah kembaran Kassey. Berbeda dengan Kassey, Patrick suka dengan warna hijau.
Kesukaan: Bunga, ikan, ore, dan susu





Dr. Hardy
Dr. Hardy setiap minggu akan selalu mengunjungi villa Romana untuk memeriksa kesehatannya. Di tahun kedua ia akan pindah ke rumah dekat Blue Bar. Ia adalah orang yang baik dan suka berbagi. Mungkin, ia juga akan memberimu tips untuk menjaga kondisi badanmu.
Kesukaan: Ikan, koin, dan fossil
Hadiah: Weird Sickle


Grant
Bersama dengan keluarganya, Grant akan pindah ke desamu di akhir tahun kedua. Pagi-pagi sekali, dia akan bekerja keluar kota dan kembali pada malam hari. Jadi, ia adalah orang yang cukup sibuk.
Kesukaan: Susu, telur, dan ikan
Hadiah: Alarm Clock


Samantha
Samantha adalah istri dari Grant dan mempunyai anak Kate. Ia mudah bergaul terhadap penduduk desa. Ia juga sering terlihat berkeliling desa.
Kesukaan: Bunga, susu, dan sayur-sayuran




Kate 
Kate adalah anak Grant dan Samantha. Dia juga suka bergaul dengan penduduk desa seperti ibunya.
Kesukaan: Bunga, koin, dan ore
Hadiah: Winter HM Record



Mukumuku
Makhluk lucu ini akan muncul setiap Winter. Ia juga sangat suka dengan ikan. Diam-diam, Daryl si ilmuan aneh sedang mengincar makhluk ini lama sekali. Tetapi, sepertinya makhluk ini cukup cerdik untuk termakan tipuannya.
Kesukaan: Bunga, ikan, dan telur
Hadiah: Joy of Fall Record



Murrey
Sebenarnya, Murrey bukan berasal dari Forget-Me-Not-Valley. Dulunya, ia tersesat sampai ke desa ini dan akhirnya tidak bisa kembali karena kehabisan uang untuk pulang. Akhirnya, ia hidup menggelandang di desa tersebut. Hati-hati dengannya, karena ia juga suka mencuri makanan darimu. Tetapi, jika kamu membantunya, apakah dia akan pergi?
Kesukaan: Makanan dan uang




Van
Van adalah kolektor benda-benda aneh dari luar kota. Ia suka sekali membeli benda-benda aneh dan tidak berguna jika kamu menjual masakan gagal sekalipun. Setiap tanggal 3 dan 8, ia ke desa untuk menjual atau membeli benda-benda dari desa. Dia juga selalu mampir ke villa Romana untuk meihat-lihat.
Kesukaan: Koin dan telur









CARA MENDAPATKAN HADIAH LANGKA DARI PENDUDUK:
Strange Hoe
berteman dahulu dengan tim kasih aja tim susu,masakan rumah,sayuran dan buah-buaha
pergi ke kamarnya tim di lantai1 pada pukul 07.00am
dan anda harus mempunyai lapangan besar/lahan ke 3.
dalam satu hit total 5 unit di garap tanah.

Weird Hoe
berteman dahulu dengan vesta kasih aja vest bunga.
pergi ke ruang penyimpanan,di pingir rumah vesta, ketika marlin tidak ada
sekitar pukul 10:50am atau 02.30pm
anda harus mempunyai lapangan besar/lahan ke 3
dan anda juga memerlukan cangkul aneh pertama dari tim
untuk 3x3 sepetak tanah dlm satu hit (jumlah total 9 unit meng garap tanah)

Watering Can W
berteman dahulu dengan romana kasih aja romana bunga,permata
setelah itu kamu pergi ke kamar romana pukul 00.00pm (siang hari)
dan anda harus memiliki lapangan besar/lahan ke 3
menyiram 3x3 sepetak tanah dalam satu siraman (jumlah total 9 unit)

Strange Sickle
berteman dahulu dengan cody caranya kasih aja cody bunga fosil
setelah itu kamu masuk ke rumah cody pukul 09.00am
anda harus mempunyai rumput di padang rumput tapi jangan di potong terlebih dahulu.
memotong rumput 3x3 dalam satu hit (jumlah total 9 unit)

Weird Sickle
berteman dahulu dengan dr hardy kasih dia fosil
pergi ke rumah dr hardy pukul 01.30pm atau 05.00pm
anda memerlukan sabit aneh pertama dari cody
memotong rumput dlm satu hit total 5 unit.

Clippers
berteman dahulu dengan wally kasih aja wally susu,telur,dan coin emas
masuk ke rumah wally ketika ia pulang.

Jam Weecker ( Weker )
Pada tahun ke 2 kamu pergi ke rumah Grant pada pukul 05.00am
grant akan menawarkan jam weker itu pada anda. Dengan menjawab ya, anda akan diberikan jam weker itu. Setelah itu jam weker tadi akan tersimpan otomatis di samping tempat tidur anda dan bisa diatur.

Ruby Space
berteman dahulu dengan ruby caranya kasih uby bung setiap hari klo sudah entar di tahun ke 2/3 kamu masuk ke dafur penginapan inner in pada pikul 02.30am dan cut scen pun terjadi.
Samantha dan nina:mereka hanya memberikan resep masakan

Seed Maker
berteman dengan daryl dan Masuki rumahnya sekitar jam 1pm. Dia akan mengeluh soal idenya tentang seed maker yang sudah dibuat di kota. Jika kalian belum memiliki seed maker, maka Daryl akan memberikan seed maker nya pada kalian untuk membuktikan bahwa dia yang menemukan seed maker pertama kali

Fishing pole
Berteman terlebih dahulu dngn galen caranya kasih aja galen sayuran, ikan atau pun masakan rumah.
Setelah itu entar di tahun ke 3 kamu masuk kerumah galen pada pukul 08.00am dan langsung talk sama galennya langsung.
Entar galen memberi mu pertanyaan: "Do you like fishing" jawab aja "yes".

Tartan
Tartan akan datang atau lebih tepatnya akan kamu dapatkan pada tahun ke 2.
Klo bulan dan tanggal itu bebas asalkan kamu sudah berteman terlebih dahulu dengan takakura caranya kasih takakura masakan rumah ataupun susu.
Bila sudah kamu pesanlah barang contoh:bird fooder, tools (alat untuk berkebun) dll. Atau bisa juga menjual barang contoh susu, telur, sayuran, dan buah-buahan.
(Smuanya harus di food storage/bangunan yang tinggi di pinggir rmh takakura)
Sebelum pukul 05.00am (subuh) klo sudah kamu masuk ke rumah takakura pukul 09.00pm (malam hari) dan cut scen pun terjadi di dalam rumah takakura.



KARIR ANAK/SKILL ANAK:
Karir anak merupakan hal penting yang harus kamu kembangkan. Kemampuan Karir tergantung dari berteman dengan benar, memberikan hadiah yang benar, serta memberikan mainan yang benar. Selain itu kamu bisa menunjukkan ankmu pada setiap orang, untuk yang berkomentar baik tentang anakmu bisa kamu tinggalkan sebentar di rumahnya. Berikut sedikit penjelasan tentang karir dan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan skill-nya yaitu :

Scholar/Ilmu Pengetahuan/Sarjana
Scholar adalah pengembangan minat anak terhadap ilmu pengetahuan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :

Berteman baik dengan Daryl, Carter, maupun Flora
Memberikan mainan Toy Car (mobil-mobilan) atau Blocks (puzzle)
Menunjukkan hasil penggalian berupa Ore seperti Moon Ore dan Sugar Ore
Bawa anakmu ke tempat Daryl (Scientist House) dan tempat Carter (Dig Site)
Saat Chapter 3 baca buku The Seven Wonders
Jika berteman baik dengan Flora dan Carter maka di Chapter 3 ia memberikan Necklace yang bisa kamu berikan pada anakmu.
Memerah susu sapi/kambing dengan Milker serta mencukur bulu domba dengan Electric Razor.

Plants/Tanaman/Ahli Botanis
Plants adalah mengembangkan kemampuan anakmu terhadap tumbuhan (ahli Botanis gitu deh). Hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :
Menunjukkan Bunga, Hasil panen, tanaman liar, Bibit (Seed)

Berteman baik dengan Celia, Vesta, dan Marlin
Bawa anakmu ke Vesta’s Farm atau cukup tinggalkan di tanah pertanianmu sendiri.
Sesering mungkin membeli pupuk/fertilizer dan menggunakannya pada rumput ataupun tanaman
Menanami ladang dengan banyak pohon buah maupun tanaman sayuran

Animals/Hewan
Animal adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap hewan (mungkin untuk menjadi Peternak atau Dokter Hewan???). Hal yang bisa menaikkan minatnya yaitu:

Menunjukkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan sebagainya
Menunjukkan bayi atau anak sapi (Cattle), serta Ayam (Chickens)
Bawa anakmu ke Barn dan Chicken Coop di tanah pertanianmu
Membaca buku ‘I love Pets!”
Memerah susu sapi/kambing dengan tangan dan gunakan Wool Shears (pencukur biasa) pada dombamu atau gunakan Milking Room saja.
Menerima Kucing dari Romana serta berteman baik dengan Romana

Artist/Seniman
Artist adalah kemampuan anakmu terhadap hal-hal yang berhubungan dengan seni termasuk melukis maupun memahat. Hal yang bisa membantu mengembangkan minatnya yaitu :

Tunjukkan Moon Ore dan Sugar Ore dari hasil penggalian
Berteman baik dengan Cody, Patrick, Kassey, maupun Sebastian
Bawa anakmu ke rumah Cody (Artist’s House), rumah si kembar Patrick & Kassey (Fireworks Maker) ataupun ke Villa tempat Sebastian berada.
Tunjukkan selalu mainan Scratchpad pada anakmu
Baca buku “Colors” dalam ruangan
Jika berteman baik dengan Cody maka ia akan memberikan lukisan yang bisa kamu pasang di rumahmu ataupun kandang ayam.

Music/Musik
Music adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia musik. Anak Lumina sangat menyukai musik jadi hal-hal yang bisa mengembangkan minat musik adalah :

Berteman baik dengan Gustafa, Lumina (jika kamu tidak menikahinya), Romana, ataupun Griffin
Bawa anakmu ke tenda Gustafa (Bard’s House). Blue Bar, Inner Inn dan Villa merupakan alternatif
Dapatkan drum set dari Gustafa untuk diberikan pada anakmu saat Chapter 3, itu jika kamu berteman baik dengannya. Kamu juga bisa mendapatkan Sheet Music jika berteman baik dengan Lumina tapi bukan menikahinya lho..^^.

Athlete/Atlit/Olah Raga
Athlete adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia olahraga terutama Atletik. Hal-hal yang bisa membantu yaitu :
- Selalu menunjukan Bola/Ball biru yang dibeli dari van padanya
- Berteman baik dengan Wally dan Hugh
- Bawa anakmu ke rumah Wally
- Sering-seringlah berjalan kaki dibandingkan menunggangi kuda
- Stlh ia tumbuh lebih besar di Chapter 3 n 4 mk barang2 di kamarnya bs menunjukkan tingkat kesukaannya krn anakmu sudh mempunyai kmr sendiri.


Cara Menghybrid Dan Resep Tanaman ( Tartan ):
1. kamu masuk ke rumah takakura
2. talk langsung kepada tartan entar tartan memberikan 2 pilihan
1. I want to analze
2. I want to talk
3. terus kamu pilih talk sebanyak-banyaknya
4. terus tartan akan memberi mu pilihan hybrid
5. sekarang kamu bisa menghybrid 2 benih tanaman yg berbeda.

Saya punya masukan kpd anda (bila mau menghybrid benih tanaman kamu harus talk dulu sma tartan sebanyak 3x biar succes menghybrid nya)

1. Hybrid Crops
Gretoma --> Tomato + Watermelon (Spring-Fall)
Berrytoma --> Tomato + Strawberry (Spring-Fall)
Melotoma --> Tomato + Melon (Spring-Fall)
Berryber --> Watermelon + Strawberry (Spring-Summer)
Melober --> Watermelon + Melon (Spring-Summer)
Berrylon --> Melon + Strawberry (Fall-Spring)
Radita --> Turnip + Potato (Winter-Summer)
Cady --> Turnip + Carrot (Winter-Summer)
Kandy --> Turnip + Yam (Winter-Summer)
Tataro --> Potato + Carrot (Winter-Summer)
Bashota --> Potato + Yam (Winter-Summer)
Kanro --> Yam + Carrot (Summer-Fall)
Trady --> Turnip + Tomato (Spring-Fall)
Tobatama --> Potato + Tomato (Spring-Fall)
Tomaca --> Carrot + Tomato (Spring-Fall)
Yamato --> Yam + Tomato (Spring-Fall)
Raury --> Turnip + Watermelon (Spring-Summer)
Bashber --> Potato + Watermelon (Spring-Summer)
Cabber --> Carrot + Watermelon (Spring-Summer)
Kashry --> Yam + Watermelon (Spring-Summer)
Dhibe --> Strawberry + Turnip (Fall-Spring)
Paberryta --> Strawberry + Potato (Fall-Spring)
Caberry --> Strawberry + Carrot (Fall-Spring)
Berrican --> Strawberry + Yam (Fall-Spring)
Dhilon --> Turnip + Melon (Summer-Fall)
Potamelo --> Potato + Melon (Summer-Fall)
Camelo --> Carrot + Melon (Summer-Fall)
Sholo --> Yam + Melon (Summer-Fall)

2. Hybrid Trees
Appage --> Banana + Apple
Gehju --> Banana + Grape
Jurum --> Peach + Grape
Lanmuge --> Peach + Orange
Magerum --> Peach + Banana
Magenge --> Orange + Banana
Orahge --> Orange + Gehju
Oraphu --> Orange + Apple
Phuju --> Apple + Grape
Phurum --> Apple + Peach

3. Rare Crop (RC)
RC 01 --> Cabber + Raury (Spring)
Rc 02 --> Gretoma + Berrylon (Spring)
RC 03 --> Tomaca + Melotoma (Summer)
RC 04 --> Bashb


Record:

-spring song : bila udah brtmn dng van, maka record spring song akan ada di shop dia dari tahun ke2 dan seterusnya
-town spirit : brtmn dngn sebastian, masuk kekamarnya pada jam 05.00am and talk ke dia(mungkin harus udah lht cs tentang foto romana wkt masih muda.) Dari tahun ke 1 winter dan seterusnya
-flowerbud fall : brtmn dng rock.... usahakan ksh brg kesukaanya setiap hari.... masuk ke kamarnya jam 00.00pm (12 siank)... [sebelum talk ke dia kasih dia brg terlebih dahulu] dari tahun ke 4 dst
-64 memories : kalahkan kassey/patrick dlm mini game puzzle sbnyak 10x
-marine jazz : brtmn dng griffin... masuk ke kamarnya pada jam 10.00am atau 02.00pm
-butterfly : brtmn dngn marlin... pd tanggal 3 dan 8 pergilah ke dekat air terjun dekat tenda carter pd jam 09.00am and talk ke marlin
-winter hm : brtmn dng kate... masuk ke lantai atas rumahnya pd jam 6 pagi dan talk langsung ke dia
-HMAWL SE : brtmn dng hugh.... masuk ke kamarnya pd jam 06.00am and talk ke dia
-summer memories : brtmn dgn carter... pd tggl 3 dan 8 pergi ke pantai pd jam 02.00pm atau 03.00pm and talk langsung ke dia
-joy of fall : brtmn dng mukumuku... pergi ke hutan spring (di dkt rumah harvest sprites) and talk aja ke dianya langsung.... 1hari dapat 1 record (selama musim dingin saja)
-the bride : brtmn dngn chris.... and talk ke dia waktu dia lagi di luar atau di dalam rumahnya....

note: bila ingin mendapatkan smua record itu.... sbelum talk ke chart yang bakal ngasih record ke kita.... sebaiknya kasih mereka brg kesukaanya terlebih dahulu


RESEP MAKANAN:

Curry2
Buku pada meja kecil di samping tempat tidur. Resep : Potato + Carrot + Ruby’s Spice 

Nice Dessert Resep
: Mencampur 2 jenis buah-buahan yang berbeda dengan susu. Lokasi resep : dapur samping kulkas di rumah Takakura 

Light Pickles Resep
: Turnip Lokasi resep : lemari piring di sisi kiri pintu dapur Inner Inn. 

Tomamelo Salad Resep
: Tomato + Melon Lokasi : tong anggur di dapur Inner Inn 

Tomacarro Salad Resep
: Tomato + Carrot Lokasi resep : tong anggur di dapur Inner Inn <

Yam Soup Resep :
Yam Lokasi resep : lemari es di dapur Inner Inn 

Tomatoma Soup Resep
: Tomato + Carrot Lokasi resep : lemari es di dapur Inner Inn
Tasty Main Dish Resep : goreng ikan dengan mentega (Butter) Lokasi resep : pot tanaman hijau di ruang depan Inner Inn 

Side Dish Resep
: Fish Lokasi resep : patung kayu Totem di lantai atas Inner Inn

Dessert Resep
: campurkan 3 buah-buahan yang berbeda Lokasi ressep : lukisan samping tangga Villa 

Side Dish Resep
: 2 sayuran yang berbeda serta Butter Lokasi resep : pohon di lantai 2 Villa 

Delicious Salad Resep
: campurkan telur dan tomat dengan Gretoma Lokasi resep : lemari es di ruang dapur rumah Wally

Nutritious Soup Resep
: Potato + Carrot Lokasi Resep : Lemari laci kamar Sebastian di Villa 

Tasty Dessert Resep
: Butter, Milk, Egg Lokasi Resep : Meja makan Rumah Samantha 

Side Dish Resep
: Strawberries, Butter, eggs Lokasi Resep : Meja samping tempat tidur lantai 2 rumah Samantha 

Cake Resep
: Carrots, Milk, Eggs Lokasi : Lemari buku lantai 2 rumah Samantha
Smooth Veggies Jika telah berteman baik dengan Vesta maka ia akan menanyakan tentang resep Smooth Veggies, pilih “No, I don’t” maka ia memberitahumu. Resep : Potatoes, Carrots, Turnips




CARA MENDAPATKAN HASIL TERNAK SPECIAL:
Sebelum saya memberitahu anda bagaimana cara mendapatkan uang dengan mudah, saya akan beritahu anda tips-tips dan petunjuk-petunjuk cara mendapatkan beberapa item. Antara lain:
  • Cara mendapatkan Golden Egg dengan Mudah
Anda pasti ingin ayam anda mengeuarkan golden egg, kan??? Karena harganya jauh lebih mahal ketimbang telur biasa (egg). Untuk mendapatkan golden egg tidaklah sulit, tetapi harus rutinitas setiap hari. Caranya sebagai berikut: (ingat ini berlaku untuk yang betina)
Selalu beri makan ayam anda dan berilah animal medicine jika ayam anda sakit
Tekan X ke ayam tersebut kemudian tekan segitiga, lalu tekan X lagi. Lakukan cara ini 2 kali sehari
Lakukan 2 cara diatas sampai hati ayam betina anda penuh
Maka ketika kamu mengecek telur yang dieraminya, anda akan mendapatkan GOLDEN EGG!!!
  • Cara Mendapatkan Golden Wool
Anda ingin domba anda bisa menghasilkan Golden Wool?? Lihat saja cara-cara ini:
Beri makan domba anda 1 kali sehari. Atau kalau anda miskin (;p), anda bisa mengeluarkan domba anda ke ladang.
Bicaralah ke dia, dan Sayangi dia 2 kali sehari
Sikat dia 2 kali sehari dan sekali-kali cuci bulunya. (anda bisa melakukannya dengan menekan segitiga ke domba anda dengan memegang sikat didekat air pancuran di pojok kiri utara)
Tunggu domba anda sampai dia siap untuk dicukur
Cukur dia, maka anda bisa mendapatkan GOLDEN WOOL!!!
TIPS:
Anda tidak memerlukan hati domba anda penuh untuk mendapatkan GOLDEN WOOL...
  • Cara Mendapatkan Grade S Milk tanpa membutuhkan Good Fodder
Ini adalah tips cara mendapatkan Grade S milk tanpa menggunakan Good Fodder (Sumpah, ini bukan rekayasa atau tipuan, karena saya juga mendapatkan grade S milk tanpa memberinya Good Fodder satu kalipun). Caranya sebagai berikut:
Berilah sapi anda makanan dua kali sehari. Sekali lagi, kalau anda tidak punya, biarkan sapi anda di ladang
Sikat dia 2 kali sehari dan cuci dia sekali-kali (mungkin 2 hari sekali)
Bicara ke dia, dan sayangi dia 2 kali sehari
Tunggu 2-3 hari jika anda melakukan cara diatas, maka "grade" susu anda akan naik dari misalnya C ke B, atau dari B ke A.
Lakukan cara ke 1-3 sampai Grade susu sapi anda A
Tetap lakukan cara ke 1-3 setiap hari. Lalu, setelah 3-4 hari, maka "Grade" susu anda akan naik dari Grade A ke Grade S!!! Selamat mencoba....
TIPS:
Ingat, untuk mendapatkan Grade S, kesehatan sapi anda haruslah penuh. Jika tidak, anda tidak bisa mendapatkan Grade S pada susu sapi perahan anda. Anda bisa mengecek kesehatan sapi anda di buku harian, kemudian pilih Assets. Dan jangan lupa, untuk mendapatkan susu sapi anda Grade S, kulit sapi anda harus bersih (untuk membersihkannya anda bisa memencet tombol segitiga (wash) ke sapi anda di dekat pancuran air di sebelah pojok kiri pasture).


TIPS UNTUK YANG SAPINYA TIDAK BISA DIPERAH
1. yg pertama jenis kelaminnya harus perempuan
2. terus harus dirawat sampe cukup umur dan harus di kawinkan
ada dua pilihan di kawinkan dgn sapi di kota (melalui takakura), atau dengan sapimu sendiri (kalau punya sapi laki2 yg cukup umur).
3. setelah itu sapi mu akan mengandung bayi sapi selama krg lebih 1bln setengah.
anak sapi yg baru lahir akan di karantina di depan kandang selama krg lebih 2 minggu. (selama di karantina bayi sapimu harus di beri susu botol hasil perahan induknya.)
setelah anak sapimu sudah tidak di karantina lagi maka km bisa memerah susu induknya.




HARGA SETIAP IKAN YANG KITA DAPAT DARI MEMANCING
  • Huge
Huge Sharshark : 2500 g / 3000 g
Huge Yamame   : 2000 g / 2400 g
Huge Arna         : 1500 g / 1800 g
Huge Rainbob    : 500 g / 600 g
Huge Huchep     : 200 g / 240 g
Huge Colombo   : 100 g
  • Big
Big Sharshark : 1200 g / 1440 g
Big Yamame   : 1000 g / 1200 g
Big Arna         : 800 g / 960 g
Big Rainbob    : 150 g / 180 g
Big Huchep     : 170 g / 204 g
Big Nyamame : 130 g / 156 g
  • Biasa
Sharshark : 600 g / 720 g
Yamame   : 500 g / 600 g
Arna         : 400 g / 480 g
Rainbob    : 80 g

TIPS:
Untuk mendapatkan ikan jenis Sharshark, Yamame, dan Arna dibutuhkan waktu yang lama sekitar 1-2 jam di harvest moon. Dan gelombang airnya bergelombang lebih dari 6 kali dengan tempo yang lambat. Dan akan beriak 30 - 40 kali riak air
Semakin lama memancing, semakin besar ikan yang didapat ( semakin cepat semakin kecil )
Jualah ikanmu ke Van, jika mendapat ikan besar dia menawarkan harga awal, bilang "No". Maka ia akan menaikkan harga jualmu. Jika belum, lakukan berulang ulang sampai dia menaikkan harganya


4 Rahasia Harvest Moon A Wonderful Life Terpopuler



4 Rahasia Harvest Moon A Wonderful Life Terpopuler

1. Bisa Mendapatkan Anak Perempuan
   Beberapa orang yang pernah bermain Harvest Moon ini berpendapat bahwa hal ini adalah bohong,alias HOAX.Namun setelah saya bertanya di beberapa grub Harvest Moon AWL di Facebook,banyak yang berpendapat bahwa itu benar adanya,saya pun langsung bertanya bagai mana caranya mendapatkan anak perempuan,dan langsung saya coba di rumah.

    Ternyata memang benar sob,setelah saya mencoba langkah-langkah yang diberikan oleh tetua grub tersebut,ada Cutscreen dimana sobat ditanya oleh para kurcaci,apakah sobat ingin mempunyai anak laki-laki atau perempuan.

Inilah langkah-langkah yang bisa sobat lakukan untuk mendapatkan anak perempuan :

  1. Pergilah kerumah kurcaci (sebuah pohon besar dekat kolam Spring) dengan memakan jamur yang ada di depan pintu pohon besar (berwarna merah totol putih)
  2. Setelah sobat masuk ke rumahnya,sobat bisa melihat ada gentong di sebelah kiri rumah
  3. Tekan X/talk pada gentong tersebut setidaknya 100x sampai gentong tersebut menyerah,dan mengatakan "You Won"
  4. Setelah gentongnya menyerah,bocaralah dengan para kurcaci,mereka akan bertanya apakah sobat ingin mendapatkan anak perempuan (Daughter) atau laki-laki (Boy)
  5. Menikahlah,nanti secara otomatis di tahun kedua sobat akan mempunyai seorang anak,memang pada tahun ini fisik anak tidak terlalu berbeda antara laki-laki dan perempuan,namun setelah tahun ketiga,fisiknya akan mulai kelihatan.
4 Rahasia Harvest Moon A Wonderful Life Terpopuler

2. Kalimat Di Belakang Bangku
  Sobat bisa mengeceknya,dengan menakan X,pada bagian belakang bangku,nanti akan muncul beberapa tulisan.Banyak para harvester mengatakan,bahwa di situlah sobat bisa mendapatkan ikan Sharshak (Hiu),namun saya berpendapat berbeda,karena saya atau mungkin orang lain mendapatkan ikan Sharshark tidak berada di tempat tersebut.

Saya sering mendapatkan ikan Sharshak di jembatan menghadap laut,namun ada juga yang mendapatkanya di samping jembatan,namun ada juga yang mengaku bahwa dia mendapatkan ikan Sharshark di tempat tersebut (depan bangku).Jadi,bagaimana pendapat sobat tentang yang satu ini?Mungkin inilah yang menjadikan tempat itu sebagai misteri di HM AWL,karena belum ada yang tahu tentang kebenaranya.

4 Rahasia Harvest Moon A Wonderful Life Terpopuler

3. Bertemu Dengan Harvest Goddes
  Kalau yang ini saya percaya,walaupun fisik dari Harvest Goddesnya tidak terlihat,karena saat terjadi Cutscreen,layar menghitam,hanya ada kata-kata yang tertulis.Untuk bisa bertemu dengan Harvest Goddes,sobat harus menyelesaikan rangkaian event Nices yang bercerita tentang para kurcaci yang mencari Nices (saya juga tidak tahu apa maksudnya).Berikut adalah urutan Event Nicesnya 
  • Harvest Sprites - Reviving The Goddes : Pergilah ke danau Spring pada malam hari,sekitar pukul 07:00 PM,para kurcaci akan memberitahukan sobat bahwa Harvest Goddes terperangkap di danau Spring,dan mereka harus mengumpulkan Nices untuk membebaskanya.
  • Nices Part 1 : Keluar rumah saat pagi hari dimusim Spring,sekitar pukul 08:00 AM - 10:00 AM,para kurcaci akan bertanya pada sobat,apakah sapi-sapi sobat adalah Nices.NB : Sapi sobat harus berada diluar,sebaiknya saat malam sebelum event ini terjadi
  • Nices part 2 : Pergilah ke Villa saat siang hari saat Summer.Nanti akan terjadi Cutscreen,dimana para kurcaci akan mencari Nices disana,namun tidak menemukanya.
  • Nicas Part 3 : Pergilah ke tngah-tengah desa saat Fall.Para kurcaci masih bingung karena belum juga menemukan Nices.
  • Nices Part 4 : Pergilah ke tengah-tengah desa saat Fall,sekitar pukul 10:00 AM.Akan terjadi CS dimana Gustafa sedang bernyanyi sambil bermain gitar.Para kurcaci setuju bahwa suara Gustafa adalah Nices.NB : Gustafa berada di luar rumahnya
  • Nices Part 5 : Pergilah ke danau Spring pada pukul 07:00 PM - 10:00 PM.Akan terjadi CS bahwa Harvest Goddes telah terbebas,dan ia berterimakasih pada sobat.
4 Rahasia Harvest Moon A Wonderful Life Terpopuler

4. Kemunculan Jangkrik Di Ladang
   Yang ini saya sudah pernah mengalaminya sob.Waktu itu saya iseng aja menambahkan beberapa (setidaknya 3 x) pupuk ke pohon pisang saya,dan ternyata muncul Cutscreen,dimana karakter saya mendengar suara,yang membuat karakter saya bingung,setelah menoleh kesana kemari,ia melihat seekor jngkrik di ladang yang ditanami pohon pisang tersebut.

Yang anehnya lagi,si jangkrik menasehati kita,bahwa jangan terlalu banyak memberi pupuk kepada tanaman,karena tanaman bisa mati (pinter ya jangkriknya :v).Jadi untuk membuktikanya,coba sobat memberikan beberapa pupuk kepada tanaman sobat,pasti si jangkrik akan nongol

Nah,itulah beberapa rahasia yang ada di Harvest Moon A Wonderful Life,mungkin saja masih banyak rahasia-rahasia lainya,namun saya hanya bisa membahas itu saja.Jika mau menambahkan mungkin?silahkan tulis saja di kolom komentar.


SOURCE : exellent-awl , WIKIPEDIA , abangcireng , server-harvester , rajib-taruna , 

2 komentar: